Mohon tunggu...
Akbar Fadillah
Akbar Fadillah Mohon Tunggu... Manajemen IPB ' 53

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB 53

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa IPB Ajak Remaja Jadi Konsumen Cerdas

15 Agustus 2019   12:15 Diperbarui: 15 Agustus 2019   12:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa IPB Ajak Remaja Jadi Konsumen Cerdas
dokpri

SUMEDANG-  Mahasiswa KKN-T Institut Pertanian Bogor menggelar salah satu program yaitu sosialisasi konsumen Cerdas bagi anak usia remaja (SMP).  Kegiatan ini dihadiri oleh 32 remaja dan mereka sangat aktif dan antusias selama proses sosialisasi berlangsung. 

Rangkaian dari kegiatan KONCER yaitu pembukaan, pre-test, sosialisasi bagaimana menjadi konsumen yang cerdas dalam membeli suatu produk atau jasa yang akan digunakan serta melindungi diri dari nampak negatif penggunaan produk atau jasa yang tidak sesuai dengan standar mutu K3L (Keamanan, Kenyamanan, dan Keselamatan Lingkungan, tanya jawab, post-tes, games dan penutup. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan  di Yayasan Pancakomara desa Cibeureum Wetan, Kamis (27/6).

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan kepada remaja khususnya pada anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagaimana menjadi konsumen yang bijak dan cerdas sebelum membeli sesuatu barang atau produk. Konsumen cerdas yaitu konsumen yang cermat, teliti dalam memilih, mengetahui label yang terdapat di kemasan produk, mengetahui hak-hak konsumen, serta mengetahui cara melakukan komplain.

Selain itu, kegiatan ini berfungsi untuk melindungi konsumen khususnya anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar tidak tertipu terhadap produk yang digunakan dan meningkatkan perilaku positif sebelum membeli. Konsumen merupakan pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun mahluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. 

Konsumen yang mengerti hak dan kewajibannya termasuk konsumen cerdas. Oleh karena itu, cara untuk menjadi konsumen cerdas diantaranya meneliti sebelum membeli, membeli barang sesuai kebutuhan, cintai produk dalam negeri, dan pastikan produk bertanda SNI atau BPOM.

Capaian dari kegiatan program konsumen cerdas adalah meningkatkan pengetahuan dan   teredukasinya remaja di Dusun Cibereum tentang pentingnya menjadi konsumen cerdas. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya label pada produk untuk mengetahui keadaaan produk tersebut. Hasil pengkuran dari post-test siswa-siswi Dusun Cibereum mengenai konsumen cerdas meningkat. (nilai rata-rata pre-test : 73.3 nilai rata-rata post-test : 85)

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan remaja mengenai konsumen cerdas (KONCER), sehingga mereka menjadi konsumen yang bijak dan cerdas sebelum membeli suatu barang atau produk. 

Selain itu, program KONCER dapat disosialisasikan lebih luas  di lingkungan masyarakat (non formal) untuk mengedukasi masyarakat terutama ibu-ibu yang menjadi konsumen aktif dalam rumah tangga.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x