Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Bola Itu Bundar, Bukan Peang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

https://gonjreng.com/

Selanjutnya

Tutup

Media

Apakah Admin Kompasiana Cenderung Mudah Menghapus Artikel?

18 Mei 2019   06:30 Diperbarui: 18 Mei 2019   11:28 324 9 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Admin Kompasiana Cenderung Mudah Menghapus Artikel?
kompasiana.com

Apakah admin Kompasiana sekarang cenderung mudah atau senang menghapus artikel?

Pertanyaan ini diajukan sehubungan beberapa kali mendapat "surat cinta" berupa pemberitahuan tentang penghapusan artikel kompasianer. Contohnya yang baru terjadi beberapa menit lalu.

kompasiana.com
kompasiana.com

Ada disebutkan kalimat "karena sesuai ketentuan Kompasiana, kami menghapus artikel ini karena berpotensi mencemarkan nama baik, menuduh, mencederai reputasi, merugikan, dan menghina, memunculkan kebencian terhadap individu/golongan/pihak tertentu sehingga rawan digugat secara hukum".

Kalimat di atas tadi bisa bias, multi interpretasi atau bisa merupakan "penilaian subyektif" dari admin Kompasiana yang sedang bertugas. Artinya untuk artikel yang satu tidak melanggar bagi admin ini, tapi menurut penilaian admin lain yang bertugas pada shift yang berbeda bisa sebaliknya, meski materi artikelnya cenderung sama.

Ini berbahaya bagi kebebasan berpendapat.

Seharusnya supaya lebih fair, admin Kompasiana yang menghapus artikel dengan alasan di atas tadi menjelaskan secara rinci di mana artikel yang dihapus itu melanggar atau terjadi pelanggaran sesuai ketentuan Kompasiana, bukan hanya melampirkan "surat cinta" yang bernada sama.

Tapi hal ini tidak dilakukan, karena sebelumnya pernah ditanyakan, tidak jua mendapat jawaban dari admin yang menghapus artikel Kompasianer.

Mohon hal ini mendapat perhatian serius dari petinggi Kompasiana, sebab jika berdasarkan "like and dislike" atau "penilaian subyektif" admin yang sedang bertugas tanpa memberitahukan atau menjelaskan secara rinci di mana terjadinya pelanggaran sehingga artikel tersebut dihapus, hal ini bisa menjatuhkan reputasi Kompasiana di mata publik.

Apakah saya akan mendapat balasan atau jawaban terkait hal ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x