Mohon tunggu...
Lohmenz Neinjelen
Lohmenz Neinjelen Mohon Tunggu... Buruh - Bola Itu Bundar, Bukan Peang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

https://gonjreng.com/

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Prihatin dengan Elektabilitas Prabowo-Sandi

24 Oktober 2018   02:33 Diperbarui: 28 November 2018   09:15 1191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: detik.com

Prihatin dengan elektabilitas Prabowo-Sandi yang semakin jauh dibanding elektabilitas Jokowi- Ma'ruf Amin. 

Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) setelah kasus hoax Ratna Sarumpaet elektabilitas Jokowi- Ma'ruf Amin naik. Tak heran jika ada yang prihatin dengan elektabilitas Prabowo-Sandi, terutama pendukungnya.

Jokowi-Ma'ruf Amin

Agustus 2018: 52,2%
September 2018: 53,2%
Oktober 2018: 57,7%

Prabowo-Sandiaga

Agustus 2018: 29,5%
September 2018: 29,2%
Oktober 2018: 28,6% 

Sumber: detik.com.

Meski menurut LSI secara umum kasus hoax Ratna Sarumpaet tidak mengurangi elektabilitas Prabowo-Sandi, tapi sentimen negatifnya memengaruhi massa mengambang (swing voters) jadi cenderung memilih Jokowi- Ma'ruf Amin, dengan kata lain merebut suara massa mengambang tadi, entah itu kaum milineal atau emak-emak semakin sulit saat ini.

Kasus hoax Ratna Sarumpaet telah mempermalukan sejumlah tokoh politik. Meski sudah berusaha ditutupi dengan taktik "ngeles kayak bajaj" dan mengaku dirinya hanya "korban", tapi taktik itu cenderung gagal total, atau tidak memperoleh keuntungan politis yang signifikan dari taktik tadi.

Diperkirakan taktik "ngeles kayak bajaj" dan "playing victim" sudah tidak laku lagi, karena masyarakat sudah bosan. Mereka merindukan taktik baru yang canggih serta menggairahkan, bukan taktik yang itu-itu saja.

Tidak cukup hanya mengatakan prihatin dengan elektabilitas Prabowo-Sandi, apalagi masih saja menggunakan taktik "ngeles kayak bajaj" untuk menangkisnya dengan mengatakan tidak percaya hasil survei yang ada dan lebih percaya dengan hasil "survei internal Gerindra". Taktik politik yang bisa membuat publik pun tertawa seketika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun