Bola Pilihan

Barcelona Cuci Gudang, Siapa Saja yang Terbuang?

15 April 2018   16:00 Diperbarui: 15 April 2018   16:05 1131 4 4
Barcelona Cuci Gudang, Siapa Saja yang Terbuang?
Sumber gambar: flickr.com

Barcelona cuci gudang musim depan?

Hal yang wajar dan biasa saja jika Barcelona cuci gudang mengingat cukup banyak pemain yang tak layak berada di klub elit dunia ini, apalagi ketika menyaksikan leg kedua babak perempat final Liga Champions saat menghadapi AS Roma.

Leg pertama Barcelona menang dengan skor akhir 4-1, tapi di leg kedua dipermalukan AS Roma, kalah 0-3 yang menyebabkan Barcelona pun merana dan terhina. Makanya perlu diambil kebijakan Barcelona cuci gudang demi musim depan yang gemilang.

Banyak pengamat bola yang hanya melihat dari satu sisi saja, yakni pemain AS Roma bermain dengan semangat juang tinggi, padahal bukan baru pertama kali atau sudah cukup sering Barcelona menghadapi tim tuan rumah yang bermain seperti AS Roma tadi, tapi mampu keluar dari tekanan lawan, bahkan membalikkan keadaan.

Kemenangan 3-0 AS Roma atas Barcelona di leg kedua tadi, selain pemain AS Roma bermain dengan semangat juang tinggi, di sisi lain banyak pemain Barcelona yang tampil memalukan. Memang Messi tidak dalam kondisi fit, tapi bukan jadi alasan.

Wajar jika Barcelona cuci gudang atau membuang cukup banyak pemain yang ada saat ini, entah karena keputusan manajemen maupun atas keinginan pemain itu sendiri.

Barcelona Cuci Gudang (wikimedia.org)
Barcelona Cuci Gudang (wikimedia.org)
 

Tapi apakah perlu Barcelona cuci gudang? Ya, jika ingin meraih prestasi yang tinggi di liga domestik dan Liga Champions. Tidak adakah jalan lain selain Barcelona cuci gudang atau membuang pemain yang tidak layak tadi?

Sebaiknya Barcelona cuci gudang saja segera, jangan menunggu terlalu lama yang bisa menyebabkan Barcelona merana dan terhina lagi nantinya.

Berikut ini nama-nama yang termasuk akan dibuang akibat kebijakan Barcelona cuci gudang demi musim depan yang gemilang.

1. Iniesta, Andre Gomes, dan Samuel Umtiti.

Iniesta sudah tua dan lamban, sebaiknya dia pergi ke klub China atau klub lainnya sebelum jadi penghangat baku cadangan sepanjang musim. Pemain yang sudah frustrasi seperti Andre Gomes pun sebaiknya angkat kaki saja. Samuel Umtiti pun sebaiknya terkena kebijakan Barcelona cuci gudang karena percuma saja ditahan dengan iming-iming gaji besar, karena pemain yang sudah ingin pindah ke Manchester United ini - sehingga Messi pun menyemprotnya saat leg kedua melawan AS Roma -, lebih baik dijual daripada jadi duri dalam daging nantinya.

2. Thomas Vermaelen dan Aleix Vidal.

Sebenarnya performa kedua pemain ini tidak buruk, tapi usianya sudah tua, maka wajar saja termasuk pemain yang akan terkena kebijakan Barcelona cuci gudang. Lebih baik manajemen mencari pemain muda berbakat untuk duduk dibangku cadangan daripada mempertahankan pemain yang sudah mulai tua dan lamban.

3. Ousmane Dembele.

Pemain ini sulit menjadi pemain besar karena kurang percaya diri atau mentalnya buruk. Tapi bukankah usianya masih muda dan mentalnya masih bisa ditingkatkan seiring perjalanan waktu? Sulit, dari sorot matanya yang mengesankan seorang peragu atau tidak percaya diri pun bisa dinilai sosok pemain ini sulit bisa menjadi pemain besar. Lebih baik Ousmane Dembele pun terkena kebijakan Barcelona cuci gudang, meski harga jualnya tidak akan setinggi harga belinya yang selangit itu.

4. Lionel Messi dan Luis Suarez.

Messi pun terkena kebijakan Barcelona cuci gudang? Sebaiknya begitu, agar Barcelona tidak ketergantungan lagi dengan sosok pemain yang satu ini, juga mumpung harga jualnya masih tinggi. Luis Suarez? Sudah mulai tua, musim depan umurnya 32 tahun. Tapi kalau dijual harganya masih tinggi, dan bisa membeli penyerang muda berbakat entah dari Brasil, Argentina atau negara lainnya.

5. Ernesto Valverde.

Manajer ini pun layak terkena kebijakan Barcelona cuci gudang karena strategi dan taktiknya biasa saja, kalau tidak ingin dibilang buruk. Puncaknya saat leg kedua melawan AS Roma. Seharusnya sebagai seorang yang berada di luar lapangan, ia bisa mengamati dengan baik jalannya pertandingan dan melakukan pergantian pemain dengan cepat dan tepat, tapi semua itu tidak terlihat. Iniesta yang sudah tua dan Samuel Umtiti yang konsentrasinya sudah terpecah belah karena ingin pindah klub pun masih dimasukkan sebagai pemain utama. Sergio Busquet itu seharus sudah diganti di babak pertama karena tidak bisa meladeni kecepatan pemain lini tengah AS Roma.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2