Mohon tunggu...
Aji SuryaPangestu
Aji SuryaPangestu Mohon Tunggu... Mahasiswa Budi Luhur

Suka Bermain Suka Nonton Suka Upload Video

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Memberikan Penyuluhan Covid-19 di Kampung Ceger (KKN Kelompok 16 - Universitas Budi Luhur)

24 Februari 2021   00:45 Diperbarui: 24 Februari 2021   00:59 44 0 0 Mohon Tunggu...

Pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021, mahasiswa Universitas Budi Luhur dari Kelompok 16 bekerja sama dengan ketua RT 003 RW 002, Kelurahan Pondok Kacang Barat, Tangerang Selatan untuk menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung mulai dari tanggal  3 Januari 2021 hingga penutupan pada tanggal 7 Februari 2021.

Kelompok KKN 16 merupakan gabungan dari berbagai jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Manajemen, Hubungan Internasional, dan Public Relations. Mulai dari Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Program KKN ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat RT/RW.03/002, Kelurahan Pondok Kacang Barat, Tangerang Selatan dalam aspek kebersihan diri, lingkungan, serta berita hoax. Dalam mewujudkan program KKN, kegiatan ini akan memfokuskan pada kualitas sebagai individu maupun masyarakat dengan memberikan pelatihan cara membedakan berita hoax atau tidak, edukasi dalam menciptakan lingkungan yang bersih, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu sosialisasi protokol di pandemik Covid-19 sekarang yang di bungkus dengan kegiatan yang menarik dan tidak membosankan.

Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Pondok Kacang Barat ini terdiri dari 10 peserta dari berbagai Fakultas. Sehingga adakalanya terjadi perbedaan pendapat, salah paham, apalagi menyatukan isi kepala untuk satu tujuan itu agak sulit. Sehingga melatih kami untuk bekerja sama dan saling mengerti satu sama lain.

Joshua selaku Ketua Kelompok KKN 16 menyebut bahwa ia memilih lokasi di karenakan, lokasi setempat masih banyak warga yang acuh terhadap bahayanya penularan Covid-19. "Warga disini masih tidak peduli dengan protokol kesehatan Covid-19, oleh sebab itu kami memfasilitasi dan mengedukasi warga mengenai bahaya covid-19.  Kami berharap kegiatan yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi seluruh warga kampung Ceger" Ujar Ketua KKN 16.

Dari hasil diskusi Program Kerja kami kepada ketua RT 03 RW 002 dalam pelaksanaan KKN yang bertemakan "Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 & Berita Hoax di Kampung Ceger" yakni penyediaan penyuluhan tentang kebersihan diri dan berita Hoax, Fasilitas Cuci Tangan, Pembuatan Nama Gang Jalan, Penyemprotan Disinfektan dilingkungan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk Gotong Royong.

Kegiatan Penyuluhan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Berita Hoax dilaksanakan 1x dalam sehari, yang bertujuan  untuk membekali pengetahuan masyarakat terhadap resiko penyebaran virus Covid-19 dan memberikan pandangan terhadap masyarakat setempat agar tidak mudah percaya terhadap berita - berita yang tidak benar yang sudah beredar di dunia maya sebelum dapat dipastikan kebenaran berita serta memastikan sumber asal berita berasal dari sumber yang terpercaya seperti Kominfo.

Kelompok 16 mengadakan penyuluhan tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan berita Hoax dengan protokol kesehatan yang sudah diterapkan dan kami mengadakan beberapa game tentang pengetahuan umum yang mudah dimengerti sehingga dapat berlangsung dengan aman, seru dan tidak membosankan.

Penyuluhan Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Penyuluhan Berita Hoax | dokpri
Penyuluhan Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Penyuluhan Berita Hoax | dokpri

Penyuluhan Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Penyuluhan Berita Hoax Part 2 | dokpri
Penyuluhan Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Penyuluhan Berita Hoax Part 2 | dokpri

Tidak hanya itu saja kami juga membuat fasilitas cuci tangan yang memudahkan warga untuk cuci tangan agar terhindar dari covid-19, kami meletakkan alat cuci tangan ditempat yang memungkinkan terjadi kerumunan oleh warga, seperti depan gang jalan, lapangan bulu tangkis, Madrasah dan lain-lain. Kami juga membuat papan nama gang jalan, mengadakan penyemprotan disinfektan, dan melakukan gotong royong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x