Mohon tunggu...
Ajeng Rachmawati K
Ajeng Rachmawati K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hobi tidur dan mengobrol

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Kenali dan Jaga Jejak Digital Kita di Era Modern

29 Juni 2022   15:15 Diperbarui: 29 Juni 2022   15:27 130 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Definisi jejak digital adalah segala rekam jejak data seseorang yang berasal dari penggunaan internet. Data ini bisa berasal dari situs web yang kita kunjungi. Kemudian berkirim email atau informasi yang secara sadar kita bagikan melalui internet. Jejak digital terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Jejak digital aktif. Jejak digital aktif artinya data atau informasi dibagikan secara sengaja melalui media sosial atau website.

2. Jejak digital pasif. Berbeda dengan jejak digital aktif, jejak digital pasif merupakan data atau informasi yang dikumpulkan tanpa sepengetahuan pengguna atau pemilik. 

Resiko yang dapat ditimbulkan jejak digital :

1. Digital Exposure. Digital exposure merupakan akses bebas yang berhasil didapatkan oleh orang tidak bertanggung jawab pada data-data kita. Aktivitas ini dapat menyebabkan kerugian materiil, sebab pelakunya bisa mencuri identitas atau melakukan tindakan kriminal lainnya.

2. Phising. Phising adalah serangan manipulatif yang dapat membahayakan pengguna melalui pembobolan data-data penting. Umpamanya saja pembobolan isi rekening ATM. Biasanya phising dapat terjadi karena pelaku sudah mendapatkan informasi sensitif milik korban yang tertinggal di internet. Apalagi dengan banyaknya challenge di media sosial yang tanpa sadar membocorkan informasi atau data pribadi.

Cara menjaga jejak digital kita tetap bersih :

1. Periksa ketersedian informasi pribadi di internet

2. Pikirkan ulang setiap konten yang akan kamu sebarkan 

3. Bangun citra diri yang positif

Jejak digital adalah rekam data digital kita yang tertinggal dengan sengaja atau tanpa sengaja di dunia digital, bisa di media sosial, website, email, data profil, dan sebagainya. Ada berbagai macam jenis jejak digital yang perlu kita kenali dan usahakan untuk mulai membatasi meninggalkan jejak digital karena jejak digital bisa memberi dampak bagi kehidupan karir dan kehidupan pribadi kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan