Mohon tunggu...
Ajeng MegaA
Ajeng MegaA Mohon Tunggu... Pelajar

hallo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendampingan Belajar Mandiri Selama Pandemi Covid-19 Oleh Mahasiswa KKN UNS Era Covid-19

8 Juli 2020   11:57 Diperbarui: 8 Juli 2020   12:41 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Belajar Mandiri Selama Pandemi Covid-19  Oleh Mahasiswa KKN UNS Era Covid-19
proses pembelajaran mandiri

           

            New  Normal atau tatanan kenormalan baru harus bisa di adaptasi oleh seluruh lapisan masyarakat, dari kepatuhan terhadap protokol-protokol kesehatan agar tercipta suatu kekuatan bersama yang dapat meminimalisir penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia. Kebijakan-kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah baik di bidang perekonomian maupun pendidikan harus menjadikan masyarakat menjadi patuh dan disiplin. Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikud) menerbitkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darturat Penyebaran Covid-19.

            Melalui program KKN UNS era Covid-19, Universitas Sebelas Maret Surakarta mewujudkan kontribusinya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan atau Pengajaran, Penelitian atau Pengembangan, dan Pengabdian bersama masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Ajeng Mega Anisah yang merupakan salah satu mahasiswa pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret selaku mahasiswa pelaksana program KKN ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr.Ir. Bambang Pujiasmanto,M.S. melaksanakan program berjudul "Pendampingan Kegiatan Belajar Secara Mandiri Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Era Covid-19 Desa Ngrendeng, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi". Program ini dilaksanakan pada tanggal 15 Mei - 30 Juni 2020 yang berlokasi di RT 01, RW 01, Dusun Ngrendeng, Desa Ngrendeng, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi.

             Terdapat juga beberapa program kegiatan lainnya, program-program ini dilakukan secara online dengan cara pembagian informasi dalam bentuk foto maupun video melalui pemanfaatan media sosial seperti membagikan informasi terkini perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia khususnya kabupaten Ngawi, cara meminimalisir pencegahan penularan virus Covid-19, edukasi kegiatan yang dapat dilakukan selama dirumah, dan juga secara offline dengan cara terjun langsung di masyarakat namun tetap mematuhi protokol kesehatan menjaga jarak dan memakai masker,  misalnya pendampingan pembelajaran siswa SD di sekitar lingkup RT 01 RW 01 Dusun Ngrendeng, Desa Ngrendeng.

"Dengan adanya program KKN ini, diharapkan seluruh warga RT 01, RW 01 Desa Ngrendeng dapat lebih peduli akan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Covid-19, khususnya siswa-siswa SD tetap mendapatkan pendidikan selama dirumah", ungkap N (warga Dusun Ngrendeng). Output  dari kegiatan KKN ini sangat berdampak pada kepedulian Warga RT 01 RW 01 Desa Ngrendeng. Warga sekarang lebih peduli akan pencegahan virus Covid-19, dan siswa SD menjadi tidak bosan selama dirumah karena belajar dirumah ternyata menyenangkan dan tidak membosankan.

VIDEO PILIHAN