Mohon tunggu...
Ajeng Kurnia Amanda
Ajeng Kurnia Amanda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

saya suka berolahraga basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Literasi terhadap Siswa PAUD Mekar Bakti Kelurahan Cipageran

11 Agustus 2022   09:02 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:05 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 Literasi sekolah dalam konteks gerakan literasi sekolah (GLS) di PAUD Mekar Bakti   merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, seperti membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. GLS di PAUD Mekar Bakti   merupakan suatu upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai komunitas pembelajaran literasi. 

Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara. Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literasi sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi Pada dasarnya literasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan membaca dan menulis. 

Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilaksanakan di sekolah PAUD Mekar Bakti  . Kesiapan ini mencakup kesiapan kapasitas sekolah (ketersediaan fasilitas, bahan bacaan, sarana, prasarana literasi), kesiapan warga sekolah, dan kesiapan sistem pendukung lainnya (partisipasi publik, dukungan kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan). Untuk memastikan keberlangsungannya dalam jangka panjang, GLS dilaksanakan dengan tahap-tahap berikut ini : GLS di PAUD Mekar Bakti   dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. 

Penjelasan lebih terperinci disajikan, sebagai berikut: 1. Tahap pembiasaan, 2. Tahap pengembangan, 3. Tahap Pembelajaran. Dunia pendidikan dengan literasi tidak akan pernah bisa di pisahkan . Untuk sekarang mari kita bersama-sama utuk mengajak kembali kepada semua pihak khusunya para-para murid kita untuk membuadayakan kembali tentang literasi . Membiasakan kembali tentang bagaiman serunya mebaca, belajar menulis dan lain-lainnya. Anak-anak dibiasakan untuk bisa sejak dini atau awal untuk mengenal tetang literasi. 

Pembiasaan ini sangat mendukung dan guru ataupun sebagai pendidik untuk memberikan pengajar atau setdaknya di mulai dari ibu guru nya sendiri. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberika informasi dan semangat baru untuk kita semua , terutama di bidang membaca.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan