Mohon tunggu...
Aisyah Supernova
Aisyah Supernova Mohon Tunggu... man purposes God disposes - ssu

Muslimah | Your Future Sociopreneur ! | Islamic Economic Science Bachelor | Islamic World, Innovation, Technology and Entrepreneurship Enthusiast | Sharing, Writing and Caring Addict | Because i want to see my God one day. It's my ultimate goal...!

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Luaskan Seluas Lautan

19 Desember 2019   22:38 Diperbarui: 19 Desember 2019   22:59 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luaskan Seluas Lautan
aisyahsupernova

Maljum yang berfaedah.. gue sharing singkat dengan kakak gue.. gue coba curahkan isi hati mengenai hal-hal yang gue ingin lakukan.. sampai tibalah di mana terungkap termasuk hal yang memusingkan dan menjengkelkan hati gue saat belakangan ini..
Kakak gue nanggapin,
"udah jangan dipikirin. jangan dimasukin hati.. jangan baper.. hidup biasa-biasa aja.. kalo dibandingin sama akhirat, hidup kita kalo sampe umur 60an cuma kaya 1,5 menit di akhirat..".
jleb. ya, that's true..

Kakak gue melanjutkan kisah rumah tangganya.. intinya bahwa manusia senantiasa berposes.. kaka gue bilang "jangan berlebihan sama apapun itu.. jangan masukin hati.. emang sih kadang ngeselin (untuk beberapa hal tertentu) tapi ya santai aja.. kita kan manusia cuma usaha dan doa...sisanya (biarkan) Allah Yang tentukan..

Bagi gue yang ngoyo dan idealis orangnya, hal ini sepertinya tepat... sampe kapanpun, manusai bisa selalu berubah .. dan hanya perubahan itu sendirilah yang tidak berubah..
kadang kala kita, gue sih.. suka berekspektasi lebih akan seseorang atau segelintir orang.. sampai akhirnya gue paham kalau gue berekspektasi lebih atau pamrih ke orang lain maka itu bisa jadi racun buat gue. karena kekecewaan bisa sangat mungkin gue dapatkan.. namanya juga manusia..pasti ada aibnya...pasti ada celanya..

"Semakin alim seseorang.. semakin dia akan mudah toleransi ke orang lain.."Kakak gue menambahkan..tentu, toleransi dalam hal yang pada tempatnya. Bukan pada prinsip...

the last, kakak gue ingetin lagi..yang intinya..,
"Kalo sama orang-orang yang ngeselin atau kita dapet hal yang gak kita ingingkan.., gak usah baper.. luasin hati.. segenggam racun kalo dituang ke gelas akan mematikan.. tapi kalau di tuang ke lautan, lautan itu juga gak akan terkontaminasi..".
Well, that's true.. gue masih terus belajar.. semoga, gue dan kita semua bisa terus berproses menjadi manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu. aamiin..

Tangerang Selatan, 19 Desember 2019

@aisyahsupernova

VIDEO PILIHAN