Mohon tunggu...
Aisya SitaDewi
Aisya SitaDewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Wonderful

Wonderful

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Usaha Mengalami Penurunan Akibat Covid-19, Mahasiswi Undip Membantu Mengembangkan UMKM Warga Melalui Digital Marketing

31 Juli 2021   13:36 Diperbarui: 31 Juli 2021   14:31 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini telah banyak mengubah kehidupan masyarakat, dimana pandemi tersebut sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Tentu saja, waktu tersebut bukanlah waktu yang singkat. Banyak masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi tersebut.

Pandemi tersebut tidak hanya berdampak pada satu bidang saja, namun diberbagai bidang, salah satunya adalah di bidang ekonomi. Perekonomian masyarakat mengalami banyak perubahan pada saat pandemi Covid-19, khususnya pada UMKM. Pada saat pandemi, terdapat UMKM yang mengalami peningkatan dimana UMKM tersebut yang menjual barang-barang yang dibutuhkan pada saat pandemi Covid-19, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, dan lain sebagainya, namun di sisi lain banyak juga UMKM yang mengalami penurunan, bahkan bisa dibilang usaha yang dijalankan sangat pasif. Dengan kondisi yang seperti itu, membuat pendapatan para pelaku UMKM juga mengalami penurunan, bahkan ada juga yang sudah tidak memperoleh pendapatan yang dikarenakan usahanya sudah tidak berjalan lagi sejak adanya pandemi Covid-19.

Hal tersebutlah yang membuat Aisya Sita Dewi, mahasiswi Universitas Diponegoro jurusan Manajemen yang sedang menajalankan KKN, ikut membantu masyarakat mengembangkan UMKM melalui digital marketing khususnya pada warga RT.02 & RT.03/RW.05 Kelurahan Bendan Ngisor.

Digital marketing merupakan pemasaran secara digital yang menggunakan perangkat elektronik atau internet dengan beragam taktik marketing dan media digital, dimana para pelaku usaha dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya secara online. Dengan adanya digital marketing, diharapkan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, Aisya Sita Dewi memilih media sosial sebagai media untuk mengembangkan UMKM melalui digital marketing. 

Media sosial dipilih karena pada saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Dengan kondisi yang seperti itu, maka produk-produk UMKM yang dipasarkan atau dipromosikan melalui media sosial akan lebih banyak dilihat oleh orang lain, dimana hal tersebut bertujuan supaya mereka tertarik untuk membeli produk-produk tersebut. 

Dokpri
Dokpri

Salah satu warga RT.03/RW.05 yang memiliki UMKM adalah Ibu Siti Asiyah. Usaha yang dijalankan Ibu Siti Asiyah adalah kerajinan tas. Usaha tersebut sudah satu tahun lebih tidak berjalan karena adanya pandemi Covid-19, padahal biasanya Ibu Siti Asiyah menjual tas-tas tersebut melalui bazar-bazar yang ada di kelurahan maupun yang di luar kota.

Dokpri
Dokpri

Begitu juga dengan yang dialami oleh Ibu Imam, warga RT.02/RW.05 Kelurahan Bendan Ngisor.

"Sebelum pandemi Covid-19, saya menerima berbagai macam pesanan bahkan banyak yang dari luar kota dan luar pulau yang memesan, namun sejak pandemi Covid-19 usaha saya pasif, padahal biasanya saya bisa menerima pesanan sekitar 2.000 baju wisuda dari Universitas Diponegoro dan dari pihak-pihak yang lainnya". Kata Ibu Imam pemilik usaha di bidang konveksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun