Kesehatan

Inilah Gejala Penyakit Epilepsi dan Cara Pencegahannya

26 November 2018   14:14 Diperbarui: 26 November 2018   14:38 147 0 0

Penyakit epilepsi (ayam) yaitu suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang akan mengalami kejang-kejang dengan secara berulang. Kerusakan atau perubahan didalam otak akan diketahui sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus dari penyakit epilepsi. Namun pada sebagian besar kasus yang perrnah terjadi, penyebab ini masih belum diketahui dengan secara pasti. 

Didalam otak manusia terdapat neuron atau sel syaraf yang merupakan bagian dari sistem syaraf. Tiap sel syaraf ini saling  berkomunikasi dengan menggunakan implus listrik. Sehingga pada kasusu penyakit epilepsi, kejang akan terjadi ketika implus listrik tersebut dihasilkan dengan secara yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan perilaku atau gerakan tubuh yang tidak akan terkendali.

Dibawah ini ada beberapa gejala dari penyakit epilepsi yang harus Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Hilangnya Kesadaran

Bagi yang menderita penyakit epilepsi akan mengalami kehilangan kesadaran sementara dan selama beberapa waktu, kehilangan kesadaran ini kemudian akan diikuti dnegan berabagai macam gejala yang lainnya misalnya kejang-kejang. Hilangnya kesadaran juga bisa ditandai dengan kepala yang sedikit menoleh dan disertai mata yang sedikit berkedip-kedip.  Selama penderita penyakit epilepsi akan mengalami hilang kesadaran, maka aktivitas otot juga akan menghilang. Hal ini bisa terjadi dalam waktu singkat.

  • Kebingungan

Penderita epilepsi pada umumnya akan menjadi bingung atau linglung. Hal ini merupakan gejala awal yang dialami oleh penderita penyakit epilepsi sebelum ia mengalami gejala yang berikutnya. Selain itu penderita mekanisme terjadinya epilepsi akan merasa gelisah serta tidak akan enak badan. Terkadang gejala ini juga dapat disertai dengan timbulnya rasa lelah dan tingkah laku akan mulai menjadi abnormal. Pada saat itu tingkah laku penderita akan menjadi abnormal maka tingkah laku tersebut akan terjadi diluar kesadarannya sehingga tingkah laku tidak akan terkontrol. 

  • Akan mengalami Kejang Kejang

Kekejangan timbul dimuali dengan adanya sekelompok otot tertentu yang akan menegang dan kemudian akan menyebar ke kelompok otot di sekitarnya. Kejang ini merupakan gerakan yang terjadi tanpa disadari, pada umumnya gerakan yang terjadi pada saat kejang-kejang itu akan berulang-ulang. 

Cara Pencegahannya 

Dibawah ini ada cara pencegahan penyakit epilepsi diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Mengkonsumsi air kelapa muda
  • Harus mengkonsumsi akar baru cina
  • Menghindari Stress
  • Gaya Hidup Sehat
  • Hindari Cedera Kepala