Kesehatan

Ketahuilah Manfaat Buah Nanas untuk Radang Tenggorokan

12 November 2018   12:20 Diperbarui: 12 November 2018   12:41 159 2 1

Radang tenggorokan atau disebut juga dengan faringitis merupakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang yang berada di bagian belakang tenggorokan, atau yang dalam dunia medisnya disebut dengan faring. Masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan sebutan panas dalam. 

Sehingga radang tenggorokan ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa sakit atau panas, sehingga akan membuat Anda untuk kesulitan makan atau untuk minum. Sehingga penyakit radang tenggorokan ini dapat memengaruhi semua orang tanapa harus dengan memandang usia dan jenis kelamin. Siapapun yang bisa mengalami radang tenggorokan baik itu anak-anak, orang dewasa, atau bisa juga orang yang sudah lanjut usia.

Buah nanas ini memiliki nama binomial Ananas Comosus merupakan tanaman menahun yang memiliki daun panjang sebanyak 30 helai bahkan bisa lebih, selain itu pada bagian ujung daun nanas ini berbentuk lancip berujung tajam daunnya ini tersusun dalam bentuk roset yang mengelilingi bagian batang. Buah nanas disini itu tentunya buah nanas yang benar-benar sudah matang sempurna, selain itu buah nanas juga harus benar-benar bersih dari kulit dan bintik-bintik yang sudah menjadi ciri khas nanas. 

Didalam buah nanas ini terdapat kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang memiliki manfaat untuk anti-inflamasi dan menjadi sumber vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk radang tenggorokan, didalam buah nanas juga mengandung banyak manfaat lainnya yang baik sekali untuk kesehatan tubuh diantaranya :

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Dalam buah nanas ini mengandung serat dalam jumlah yang sangat banyak, serat tentunya sangat baik sekali untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Buah nanas juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat menyerap air pada usus selain itu setengah potong buah ini mengandung 2,2 gr serat makanan.

  • Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terdapat didalam buah nanas ini membantu dalam pembentukan kolagen, asupan kolagen yang cukup dapat membuat kulit tampak menjadi lebih awet muda. Kandungan anti-oksidan yang bekerja untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi kerutan dan melawan kerusakan kulit akibat terpapar oleh sinar matahari.