Ekonomi

Penawaran yang Menarik, Apa isinya?

9 Oktober 2017   14:16 Diperbarui: 9 Oktober 2017   14:21 945 1 0

Penawaran yang menarik untuk dapat mencapai harga yang tertinggi terhadap suatu barang dalam kondisi lingkungan yang baik sampai saat ini, Lelang masih unggul. Apa saja isi penawaran yang menarik bagi konsumen kalau kita tidak dapat menjalankan jual beli dengan sistem lelang? Misalkan hanya melalui iklan sederhana.

Pertama, harus jelas barang yang dijual apa? Model iklan dalam bentuk seperti pengumuman. Misalkan jual mobil, rumah, kue, atau apapun juga. Harus jelas alamat penjualan dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kedua, harga harus dicantumkan untuk barang atau jasa yang akan kita jual. Konsumen langsung jelas, bila melihat iklan ataupun brosur kita. Penawaran yang baik bukan membuat konsumen bertanya-tanya mengenai produk atau jasa apa yang akan kita jual, tetapi penawaran yang baik, membuat konsumen merasa menyesal, jika tidak membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Ketiga, memberikan perbandingan harga dan alasan mengapa konsumen harus membeli dari kita. Perbandingan harga bisa dilakukan terhadap beberapa kondisi di bawah ini,

Perbandingan harga sejenis, misalkan jual rumah, harga yang kita jual Rp.300 juta, sedangkan harga di lingkungan kita sudah Rp.450 juta.

Perbandingan harga dengan barang atau jasa beda jenis, misalkan jual mobil bekas antara Avansa dan Ertiga. Bisa diperbandingkan harganya dengan masing-masing keunggulan fitur nya.

Perbandingan dengan diri sendiri atau produk/jasa yang dijual. Misalkan jual baju, ada yang mahal dan murah. Paket tour ke Luar Negeri, ada paket mahal yang lengkap dengan makan dan tiket wahana, atau ada paket murah, dengan model back packers. Sebaiknya jika dibandingkan dengan produk/jasa sendiri, ditawarkan harga mahal dulu, baru harga yang murah, sehingga kemungkinan terjadi pembelian, meningkat.

Perbandingan harga dengan mendekatkan kepada kemampuan beli pelanggan. Jual kredit motor dengan cicilan Rp.19 ribu per hari dibandingkan dengan kredit motor Rp.570 per bulan. Lebih menarik yang terasa terjangkau Rp.19 ribu per hari, padahal angsuran per bulan akan sama saja jika dikalikan dengan tiga puluh hari.

Keempat, penawaran menarik jika menjawab pertanyaan pelanggan, mengapa saya harus percaya Anda sebagai penjual? Kepercayaan adalah hal yang sangat penting bagi pelanggan untuk membeli. Jika kita sebagai penjual belum ada nama baik atau terkenal, kita dapat memasang nama guru kita atau institusi yang sudah dikenal. Seperti sesuai dengan ajaran Tung Desem Waringin dalam Sales and Marketing Revolution, atau Anthony Robbin, atau kepercayaan pelanggan dibangun dengan produk kita di endorse oleh Bank besar atau Bank Pemerintah, atau didukung oleh VisaCard dan MasterCard, membuat nama kita yang masih biasa-biasa saja, terangkat sejajar dengan nama besar yang kita tuliskan di brosur atau iklan kita.

Kelima, mengapa harus membeli pada kita sekarang juga. Pelanggan kalau ada hukum keterbatasan, merasa harus beli  sekarang. Jika stok atau persediaan banyak, mengapa harus beli sekarang? Besok juga bisa, atau minggu depan juga bisa, dan pelanggan akan lupa, bahkan tidak jadi membeli. Beli sekarang atau kehabisan!!! Jika menolak pembelian sekarang, pelanggan akan merasa rugi, emosi pelanggan dimainkan agar membeli dan membuat Penjualan kita meningkat.

Silahkan di praktekkan dalam sistem penjualan kita membuat penawaran yang menarik. Pelanggan akan memilih produk atau jasa kita. Praktekkan maka Anda akan merasakan manfaatnya.

Salam Tranformasi

Antonius Iman S, MM, CI, CT. NLP

Pakar Transformasi Diri