Mohon tunggu...
Ai Rizkiyah
Ai Rizkiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang

Ilmu itu ada di mana-mana, pengetahuan di mana-mana tersebar, kalau kita bersedia membaca, dan bersedia mendengar.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Heboh Hand Sanitizer! Mahasiswa KKN UNSIKA Desa Sumberjaya Karawang Membuat Antiseptik Alami dari Daun Sirih

30 September 2022   00:43 Diperbarui: 30 September 2022   00:51 159 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam pandemi Covid-19 ini, masyarakat dihimbau dan diwajibkan untuk melakukan protokol kesehatan, salah satunya yaitu penggunaan handsanitizer bila diluar rumah. Kelompok 134 Kuliah Kerja Nyata Desa Sumberjaya Kecamatan Tempuran Karawang Tahun 2022 Universitas Singaperbangsa Karawang telah sukses menyelenggarakan "Sosialisasi Cara Pembuatan Hand sanitizer, Cara Penggunaan Obat dan Pengecekan Tensi" dengan tema "Jangan Bebal Merasa Kebal". 

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring, bertempat di BUMDES (Pasar Janda) Desa Sumberjaya Kecamatan Tempuran yang diikuti oleh 50 peserta dari Kepala Masing-Masing Dusun, Ibu-Ibu PKK, Ibu-Ibu Kader Posyandu, dan Masyarakat Sekitar pada hari Sabtu (17/09/2022) pukul 09.00 WIB. 

Tujuan diselenggarakannya sosialisasi iniagar setiap anggota masyarakat desa sumberjaya mengetahui cara pembuatan hand sanitizer yang benar dan mudah dengan menggunakan bahan yang alami seperti daun sirih, pembuatan Hand sanitizer yang dapat dengan mudah dibuat di rumah ini cukup sederhana karena tidak menggunakan kandungan alkohol. namun karena itu, hand sanitizer ini tidak seperti hand sanitizer yang umum berada dipasaran di mana masa expired nya lama. Hand sanitizer alami ini bukan hanya menggunakan daun sirih saja tapi menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis agar aroma dari daun sirih tersebut tidak terlalu pekat.

Tidak hanya demo pembuatan hand sanitizer saja para masyarakat juga dapat menyimak cara penggunaan obat luar yang tepat agar setiap individu dapat lebih paham bagaimana cara menggunakan obat yang benar. Kegiatan ini menjadi hal penting, masyarakat digerakkan untuk bersama-sama mengikuti sosialisasi ini dan pengecekan tensi secara gratis. Dalam acara ini, Divisi Hubungan Masyarakat mengundang Dosen Farmasi Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai pemateri Kesehatan dan Penggunaan Obat yang Tepat.

Materi disampaikan oleh Ibu Apt. Devi Ratnasari, M.Farm. beliau mengawali pemaparan materi terkait dasar, unsur-unsur,teknik penggunaan obat yang tepat. Dan mempraktekannya secara langsung agar masyarakat sekitar bisa lebih memahami serta dapat mempratekannya di rumah dengan teknik yang sudah benar.

Tidak hanya teori saja yang diajarkan oleh para pemateri. Sebelum materi dijelaskan, seluruh peserta kegiatan sosialisasi ini diberikan 1 lembar yang berisikan 5 soal terkait materi yang akan disampaikan. Oleh karena itu, setelah pemaparan materi selesai disampaikan maka diadakan kuis mengenai materi tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk pemenang kuis yang berhasil menjawab dan tidak lupa pembagian hand sanitizer gratis untuk masyarakat yang sudah menyempatkan waktunya menghadiri acara tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan