Mohon tunggu...
Aim Matuz Zahrotun Nafiah
Aim Matuz Zahrotun Nafiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Unusa angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Diary

Keseharianku di Masa Pandemi

22 Oktober 2021   20:55 Diperbarui: 10 November 2021   06:33 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Di masa pandemi ini saya banyak melakukan aktivitas atau kegiatan di rumah. Dimulai pada pagi hari saya bangun sekitar pukul 04.30 WIB, tepatnya setelah azan subuh. Tidak lupa juga saya melaksanakan salat subuh dan mandi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membersihkan kamar tidur yang sangat berantakan.

Setelah beres saya bersiap-siap untuk melakukan kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu kuliah. Saya kuliah di universitas yang ada di Surabaya dan mengambil jurusan sistem informasi fakultas ekonomi bisnis dan teknologi digital. Sebelum di mulai perkuliahan saya sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu supaya tidak mengganggu perkuliahan dan bisa fokus. 

Sebelum perkuliahan dimulai saya menyiapkan perlengkapan yang diperlukan seperti laptop, buku, ponsel, alat tulis dan yang penting yaitu paket data. Dikarenakan sekarang perkuliahan dilakukan secara online atau daring. Tepat pukul 07.00 WIB perkuliahan dimulai. Agar kegiatannya berjalan dengan lancar maka tidak lupa berdoa terlebih dahulu.

Ketika siang hari biasanya perkuliahan sudah berakhir dan waktunya untuk makan, salat dan istirahat. Saat itu juga kedua orang tua saya pulang bekerja. Kita selalu sempatkan untuk berbincang-bincang sambil menonton tv maupun makan bersama. Ketika ada waktu luang saya biasanya pergunakan untuk mencicil tugas ataupun tidur. 

Jika saya tidur siang maka saya bangun pukul 16.00 WIB. Setelah bangun saya membersihkan rumah terlebih dahulu lalu mandi dan salat. Ketika sore hari kedua orang tua saya sudah berangkat bekerja kembali, dan tentunya saya kembali sendirian di rumah karena saya anak tunggal. 

Saat kesepian saya biasanya berkunjung ke rumah saudara yang terletak di sebelah rumah saya. Sebelum pandemi saat weekend atau hari libur biasanya saya banyak menghabiskan waktu di luar rumah pada sore hari hanya sekedar jalan-jalan sekitar rumah. Namun karena pandemi saya mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak ada keperluan.

Di saat matahari mulai terbenam dan azan magrib sudah berkumandang saya pulang ke rumah dan menunaikan ibadah salat magrib. Sekitar pukul 18.30 WIB saya mulai menyelesaikan tugas dan mereview atau mengevaluasi materi. Namun ketika tugas sudah selesai dikerjakan pada siang hari dan saya bosan biasanya saya berkunjung ke rumah teman ataupun sebaliknya saya mengajak teman saya berkunjung ke rumah. 

Kita saling bertukar pikiran, berbagi cerita dan menenangkan pikiran dikala banyaknya deadline tugas. Selain itu juga kadang saya pergi ke tempat kedua orang tua saya bekerja yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. Mereka bekerja sebagai pedagang. Saya membantu berjualan dengan melayani pelanggan.

Tepat pukul 20.30 WIB kedua orang tua saya pulang bekerja dan saatnya saya makan malam dan mengobrol santai. Setelah makan dan membersihkan alat makan saya tak lupa melaksanakan salat isya'. Kemudian dilanjutkan dengan bermain ponsel atau bermain sosial media sambil tiduran ataupun merawat wajah dengan cara menggunakan masker wajah, terkadang juga saya membaca novel sambil mencamil. Saya jarang sekali menonton televisi.

Tak terasa waktu pun sudah larut malam saatnya saya bersiap untuk tidur. Tetapi sebelum itu saya membersihkan wajah terlebih dahulu dan mengambil wudu. Jam tidur saya sangat berantakan karena kadang saya suka mengerjakan tugas ketika tengah malam. Apalagi ketika weekend saya tidur bisa menjelang subuh. Jika di hari-hari biasa atau disebut weekday saya tidur sekitar pukul 23.00 -- 00.30 WIB. Dengan demikian itulah kegiatan saya sehari-hari sebagai mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun