Mohon tunggu...
Aiko Kioka
Aiko Kioka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aiko Putri Zulkarnain

Saya adalah seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan studi di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Aktualisasi Akhlak dalam Kehidupan

23 September 2021   10:12 Diperbarui: 23 September 2021   10:20 146 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aktualisasi Akhlak dalam Kehidupan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian akhlak merupakan ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, terpuji atau tercela menyangkut perilaku manusia yang meliputi perkataan, pikiran dan perbuatan manusia lahir maupun batin. Aktualisasi akhlak dalam kehidupan merupakan sikap bagaimana seseorang dapat mengimplementasikan iman yang dimilikinya dengan mengaplikasikan seluruh ajaran Islam dalam setiap tingkah lakunya sehari-hari terhadap apapun termask diri peibadinya baik itu jeasmani sifatnya atau rohani.

Ada 6 jenis akhlak yang bisa kita terapkan, yaitu: 1.Akhlak Kepada Allah Akhlak kepada Allah antara lain adalah mentauhidkan Allah dan tidak syirik kepada Allah, beriman kepada Allah dan hanya menyembah Allah tidak menduakan Allah. (Contoh : menyembah pohon, berhala) Selain itu juga berdzikir kepada Allah, memohon ampunan-Nya karena kita manusia pasti melakukan kesalahan. (Contoh : kita merasa paling benar dibandingkan orang lain)

2.Akhlak Kepada Rasulullah Akhlak kepada Rasulullah sama dengan mengikuti dan menjalankan Sunnah Rasul. (Contoh: mengaji, datang ke pengajian) juga dengan bersholawat kepada Rasul, karena memang sudah kewajiban yang diberikan Allah kepada umatnya untuk senantiasa bersholawat kepada Rasul agar kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak baik di dunia maupun di akhirat. 

3.Akhlak Kepada Diri Sendiri Contoh akhlak kepada diri sendiri adalah sikap sabar, kita harus selalu sabar dalam keadaan apapun dan bersikap sabar dapat menaikkan derajat manusia dan sikap syukur, kita harus selalu bersyukur atas segala hal yang telah Allah berikan kepada kita. 

4.Akhlak Kepada Keluarga Akhak kepada keluarga sama dengan mendidik keluarga agar menjadi keluarga yang baik. (Contoh: orang tua mengajari anaknya tata cara sholat dan mengaji). Selain itu, juga ada akhlak memelihara keturunan, artinya kita harus menghindarkan anak atau keturunan kita dari hal yang tidak baik. Karena keturunan merupakan penerus kita kelak. 

5.Akhlak Kepada Sesama Manusia Contoh akhlak kepada sesama manusia antara lain menjalin persaudaraan, saling tolong menolong, jika ada orang yang kesusahan kita wajib membantu sebisa kita, dan menepati janji yang merupakan sebagian dari iman. 

6.Akhlak Kepada Sesama Makhluk Akhlak kepada sesama makhluk sama dengan memanfaatkan alam, bukan berarti menghabiskan semua yang ada di alam. (Contoh: adanya tanah diolah agar bisa menjadi lahan pertanian) atau menjaga alam, tidak merusak alam. (Contoh: tidak membakar hutan, tidak menebang pohon sembarangan) 

Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi akhlak antara lain adat atau kebiasaan, insting (naluri), lingkungan, pendidikan dan media informasi menurut semua pihak untuk berperan aktif, terutama adalah orang tua yang amat menentukan perkembangan akhlak putra-putrinya untuk memiliki akhlakul karimah. 

Dalam menjalani kehidupan dewasa ini, manusia memerlukan pedoman dan keteladanan sebagai panutan dalam aktivitasnya. Dengan merujuk akhlak Rasulullah SAW, Insya Allah persoalan hidup kita akan ada jalan keluar. 

Dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW yang mulia maka kita akan menjadi anak yang sempurna atau insan kamil yang akan siap menghadapi tantangan zaman yang penuh persaingan. 

Aktualisasi akhlak dalam kehidupan dalam analisis SWOT antara lain: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan