Mohon tunggu...
Aidina Maninggar
Aidina Maninggar Mohon Tunggu... MAHASISWI UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA

PESERTA KKN-DR UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN-DR Universitas PGRI Wiranegara Membuat Hand Sanitizer Gratis untuk Warga

12 September 2020   00:00 Diperbarui: 12 September 2020   00:06 5 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemi Covid ini bukanlah sebuah halangan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa dari Universitas PGRI WIRANEGARA Pasuruan untuk tetap melaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa yang di lakukan di semester tujuh saat perkuliahan. 

KKN saat ini tentunya sangat berbeda dari biasanya, mahasiswa yang seharusnya ditempatkan di wilayah yang telah ditentukan dan di lakukan berkelompok, kini harus melaksanakan kegiatan tersebut secara individu di daerah tempat tinggal masing-masing dengan tetap melakukan protokol kesehatan. KKN ini disebut KKN-DR atau Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah.

Aidina Maninggar yang merupakan mahasiswi dari Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) saat ini sedang melaksanakan KKN – DR yang di laksanakan mulai tanggal 15 agustus - 15 september 2020. 

Aidina melakukan pengolahan Pembuatan “Hand Sanitizer Beraroma Buah Strawberry “ Yang Praktis, Inovatif Dan Segar di bawah bimbingan Bapak Dr. M. Bayu Firmansyah M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Lokasi pelaksanaan KKN ini  bertempat di Taman Wijaya RT 05 RW 05 Kebonagung Purworejo Kota Pasuruan.

Program yang Aidina jalankan adalah pembuatan Hand Sanitizer bersama pemilik Industri Rumah Tangga pembuatan hand sanitizer yaitu Bapak Mochammad Khoirul Anam dan selanjutnya akan di distribusikan secara gratis sebanyak 30 barang kepada warga Taman Wijaya RT 05 RW 05 Kebonagung Purworejo Kota Pasuruan sebagai upaya untuk melindungi diri dari penyebaran wabah covid-19. 

Virus ini merupakan virus yang menular dengan sangat cepat  dan hampir menyebar di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Virus ini dapat menular pada siapapun tanpa disadari dan dapat mengakibatkan kematian.

Aidina menjelaskan bahwa hand sanitizer adalah produk kesehatan yang secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, khususnya di luar rumah. 

Saat ini produk hand sanitizer menjadi barang yang sangat dibutuhkan di tengah mewabahnya virus Corona,karena telah dianggap cara paling ampuh meminimalisir penularan virus atau mensterilkan tangan untuk mencegah dari virus corona. Bahkan, penggunaan barang ini juga menjadi salah satu wujud imbauan pemerintah untuk menjaga kebersihan, khususnya tangan. 

Dalam pembuatan hand sanitizer ini terdapat inovasi baru dengan penambahan essential oil beraroma buah yang segar, yang dapat menetralisir bau alkohol yang menyengat.  

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hand sanitizer beraroma strawberry ini sangatlah mudah hanya dengan menggunakan bahan seperti alkohol 70%,Aloevera gel dan essential oil beraroma Strawberry. Adapun terdapat alat yang mudah di temukan seperti botol 60 ml, sendok, gelas ukur dan terdapat stiker.

dokpri
dokpri
“Penggunaan hand sanitizer sangatlah penting saat ini karena menjadi salah satu solusi untuk membersihkan tangan dari kuman serta virus yang menempel saat kita sedang bepergian atau berada di luar rumah disaat kesulitan untuk mencuci tangan. Saya berharap pembagian hand sanitizer ini dapat berguna bagi masyarakat”, tutur Aidina .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x