Mohon tunggu...
aida rahmatus shayla
aida rahmatus shayla Mohon Tunggu... to infinity and beyond!

karena teman bercerita terbaik adalah menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Penerapan E-Learning Madrasah

28 Oktober 2020   23:58 Diperbarui: 29 Oktober 2020   00:03 18 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri telah merubah seluruh tatanan kehidupan masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Wabah virus ini memaksa seluruh insan di dunia untuk bermetamorfosis menjadi pribadi yang lebih tangguh  untuk dapat  menjalani kehidupan ditengah berbagai ancaman yang ada di lingkungannya. 

Covid-19 bukan hanya mengancam kesehatan setiap pribadi manusia yang ada di bumi, namun juga mengancam kehidupan perekonomian dan bahkan mengancam tatanan pendidikan di Indonesia pada khususnya. 

MTSN 2 Kediri, merupakan salah satu madrasah yang dengan berat hati merombak sebagaian besar sistem pembelajaran demi memaksimalkan pemberian ilmu pengetahuan ke setiap peserta didik yang diampu di madrasah tersebut.

Selama pandemi Covid-19 ini setiap pembelajaran yang melibatkan para peserta didik di MTSN 2 Kerdiri ini dilakukan secara daring, demi memaksimalkan sistem  pembelajaran daring ini juga MTSN 2 Kediri menggunkan media El-Ma (E-Learning Madrasah). 

Dengan El-Ma para guru dapat dengan mudah memberikan pembelajaran menggunakan media Video Pembelajaran dan Juga pemberian modul yang sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan. 

Bukan hanya itu, El-Ma juga mempermudah para guru untuk memberikan tugas kepada para peserta didik. Karena dengan adanya media tersebut para peserta didik bisa dengan mudah mengerjakan soal dan mengumpulkan tugas di satu  platform yang sama.

Selain itu, untuk mempermudah memonitoring para peserta didik di MTSN 2 Kediri. Para guru pengampu mata pelajaran menggunakan media Whats App untuk mengumpulkan para peserta didiknya. 

Di dalam grup tersebut digunakan untuk mempermudah interaksi antara guru dan murid. Dengan adanya grup ini, para guru bisa dengan mudah memberikan dan memonitoring para peserta didiknya untuk mengerjakan tugas dan mengingatkan para peserta didik untuk segera mengumpulkannya. 

Kemudian, Para guru di MTSN 2 Kediri ini juga menerapkan sistem Laporan Hasil Pembelajaran untuk mempermudah memonitoring sejauh mana berbagai pengetahuan yang didapatkan oleh para murid selama menggunakan sistem pembelajaran daring di masa pandemi ini. Laporan Hasil Pembelajaran merupakan indikator penilaian para murid selama berada di rumah.

Jadi, Laporan Hasil Pembelajaran ini berisi keterangan tugas mana saja yang telah diselesaikan oleh peserta didik. Laporan Hasil Pembelajaran ini di monitoring langsung oleh para guru pengampu yang kemudian akan diserahkan kepada wali kelas untuk diberikan kepada wali murid.

Sebagai salah satu Madrasah percontohan yang ada di Kediri, MTSN 2 Kediri ini juga menerapkan sistem konsultasi ke sekolah oleh para guru kepada para peserta didiknya setiap 1 (satu) bulan sekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN