Mohon tunggu...
Ai Erfariyah SPd
Ai Erfariyah SPd Mohon Tunggu... Guru IPA

SMP Negeri 1 Ciracap, Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Pentingnya Membuat Kontrak Waktu Belajar Bersama Anak Selama Belajar dari Rumah

8 Maret 2021   11:15 Diperbarui: 10 Maret 2021   20:09 774 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Membuat Kontrak Waktu Belajar Bersama Anak Selama Belajar dari Rumah
Ilustrasi mendampingi anak belajar di rumah (Sumber: shutterstock.com)

Keluarga adalah tempat seorang anak mendapatkan pendidikan pertama dalam hidupnya. Semenjak di dalam kandungan, dilahirkan dan tumbuh kembang sampai dewasa. Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anaknya.

Kewajiban orangtua terhadap anaknya tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan materi saja, namun juga termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan moral dan karakter. 

Sebagai seorang ibu yang memiliki peran ganda mendidik anak di rumah dan mendidik murid di sekolah, saya menyadari bahwa waktu untuk bersama anak banyak terambil dengan tugas di luar rumah. Tetapi saya tidak lupa dengan kewajiban utama di rumah sebagai seorang ibu untuk anak-anak.

Saya merasa ada beberapa hal yang paling sulit untuk diajarkan kepada anak, di antaranya mengenai disiplin waktu. Apalagi saat ini dalam kondisi pandemi yang sudah berjalan selama satu tahun banyak tantangan yang dihadapkan bagi semua orangtua dalam mendidik anak.

Biasanya anak lebih banyak belajar di sekolah, namun saat ini sudah satu tahun berjalan pembelajaran dilakukan sepenuhnya di rumah atau dikenal dengan istilah BDR (Belajar Dari Rumah) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Hal itu tentu saja membuat para orangtua termasuk saya sendiri tidak hanya cukup berdiam melihat anak belajar tanpa pendampingan. 

Terlebih anaknya yang masih usia sekolah dasar sangat membutuhkan bimbingan orangtua dalam belajar.

Pada saat awal diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di bulan Maret tahun lalu, tidak sedikit anak dan orangtua yang belum terbiasa dengan situasi seperti ini. 

Di sekolah anak saya guru memberikan materi dan tugas berupa modul, anak mengerjakan tugas di rumah bersama orangtua. Setelah satu minggu orangtua mengumpulkan tugas tersebut dan mengambil tugas baru ke rumah guru yang bersangkutan. 

Kadang sekali-kali guru memberikan tugas secara online dan orangtua mendampingi anak mengumpulkan tugas secara online pula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN