Mohon tunggu...
Ahsanuddin SPd
Ahsanuddin SPd Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di MTsN 2 Jombang, PP Darul 'Ulum Rejoso Peterongan Jombang

Guru mapel IPA, penulis buku fiksi dan nonfiksi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Harapan atau Impian

3 September 2021   21:23 Diperbarui: 3 September 2021   21:39 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Harapan atau Impian
Dok. pribadi

"Kembang jatuh tidak jauh dari induknya". Itulah mungkin kalimat yang bisa diungkapkan tentang harapan atau impian orang tua terhadap anaknya. Kadang tidak semua anak mau mengikuti jejak orang tuanya. Hal ini karena berbagai situasi dan kondisi yang membuat anak mengambil langkah keluar dari jalur yang telah dirintis orang tuanya.

Orang tua yang telah sukses merintis jejak (menurut kacamatanya) sangat menginginkan agar anaknya bisa melanjutkan estafet. Kenapa demikiaan? Apa yang menyebabkan hal tersebut?

Berbagai alasan dan cara ditempuh orang tua agar anaknya sukses. Sukses yang dimaksud setidaknya seperti kesuksesan orang tuanya.

Jika kesuksesan yang dirintis orang tuanya sudah di atas kesuksesan sekitar, maka kadang anak mau menitih karir seperti orang tuanya bahkan harus lebih bisa mengembangkan ke arah yang lebih baik. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, anak ingin tampil beda dari kesuksesan orang tuanya. Anak ingin sukses dengan pondasi kesuksesan orang tua di jalur yang berbeda.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Perbedaan jalur kesuksesan yang di tempuh anak bisa jadi karena ingin tampil beda. Mereka berharap sukses di bidang lain sesuai dengan bakat dan minatnya. Walau kadang orang tua sangat menginginkan atau bahkan berharap anaknya bisa meneruskan kesuksesannya.

Memang tidak semua kesuksesan orang tua bisa diikuti jejaknya oleh anaknya. Kemungkinan apa yang sedang dirasakan sukses oleh orang tua tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Kemajuan keilmuan dan teknologi membuat anak bisa memilih dan memilah di mana mereka bisa berpijak untuk sukses.

Harapan atau impian kesuksesan anak jelas ada dalam setiap benak orang tua. Orang tua sangat berharap agar anaknya bisa lebih sukses. Kesuksesan melebihi orang tuanya yang selama ini sedang digeluti.

Jadi akan terjadilah, bunga jatuh jauh dari induknya. Anak bisa jauh lebih sukses di bidang yang berbeda jauh dari orang tuanya. Orang tua hanya bisa menggunakan kesuksesannya untuk menunjang atau mendukung anak dalam meraih cita-cita.

Semoga harapan orang tua terhadap kesuksesan anaknya bisa berjalan sesuai impian. Karena bisa jadi apa yang sudah direncanakan menjadi gagal dan bahkan jauh dari harapan. Yang pasti jangan pernah putus asa dalam usaha agar ketercapaian cita-cita anak bisa nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan