Mohon tunggu...
Ahmad Gading Fadillah
Ahmad Gading Fadillah Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Siliwangi

concern pada isu kemanusiaan, fokus terhadap dinamika sosial, politik, serta pemerintahan digital, tertarik pada perkembangan pop culture

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Konsep Evolusi Politik, Perkembangan Partai Politik dari Waktu ke Waktu

30 November 2023   06:30 Diperbarui: 30 November 2023   06:40 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik sebagai bentuk organisasi sosial telah melalui transformasi yang signifikan seiring berjalannya waktu. Salah satu aspek paling menonjol dari evolusi politik adalah perkembangan partai politik dari masa ke masa. Dari struktur, ideologi, hingga peran dalam tatanan sosial, partai politik terus beradaptasi untuk mencerminkan kebutuhan masyarakat dan dinamika politik yang berubah.

Partai politik merupakan pilar utama dalam sistem demokrasi modern. Awalnya, konsep partai politik tidak sepopuler saat ini. Namun, pada abad ke-19, partai politik mulai berkembang dengan lahirnya gerakan politik yang lebih terorganisir. Misalnya, di Inggris dengan munculnya Partai Konservatif dan Partai Buruh, serta di Amerika Serikat dengan Partai Demokrat dan Partai Republik.

Evolusi partai politik juga tercermin dalam perubahan ideologi yang diusung. Pada awalnya, partai politik cenderung berkonsentrasi pada isu-isu tertentu seperti ekonomi atau agama. Namun, seiring waktu, ideologi partai politik telah berkembang menjadi lebih kompleks. Perubahan ini tercermin dari pergeseran partai-partai yang semula beraliran konservatif menjadi lebih progresif atau sebaliknya.

Perkembangan teknologi dan media sosial juga telah mengubah cara partai politik berinteraksi dengan pemilihnya. Kampanye politik tidak lagi terbatas pada pertemuan fisik, tetapi juga melalui platform online seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Hal ini memungkinkan partai politik untuk mencapai pemilih secara lebih luas dan secara langsung berinteraksi dengan mereka.

Globalisasi telah mengubah lanskap politik secara keseluruhan. Partai politik sekarang harus mempertimbangkan isu-isu global seperti perdagangan internasional, lingkungan, migrasi, dan keamanan global. Isu-isu ini semakin mempengaruhi narasi politik di tingkat nasional, memaksa partai politik untuk menyesuaikan platform mereka dengan tuntutan global.

Partai politik semestinya mampu beradaptasi dengan dinamika masyarakat yang terus berubah. Pemilih zaman sekarang memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda. Oleh karena itu, partai politik harus mampu berinovasi, mengusung isu-isu yang relevan, dan menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mengingat politik itu dinamis, maka partai juga perlu menjadi representasi yang sesuai dengan gelombang masyarakatnya.

Salah satu partai politik dengan usia 3 tahun yang unsur terbentuknya didasari oleh 'evolusi' adalah Partai Gelombang Rakyat. Sesuai dengan interview yang telah dilakukan, Hasan Basri selaku Ketua DPC Partai Gelora Kota Tasikmalaya mengatakan bahwa lahirnya Partai Gelora merupakan 'jalan tengah' sebagai bentuk penyesuaian orientasi baru untuk rakyat. Tak hanya itu, beliau mengatakan bahwa adaptasi dari Partai Gelora saat ini merupakan bentuk evolusi, yang mana selama ini Partai Politik terlalu fokus pada isu internal negara saja, tetapi Gelora memiliki asa untuk menjadi Indonesia sebagai 5 besar kekuatan dunia, oleh karena itu Gelora sebagai partai memiliki slogan Superpower Baru. Hasan Basri juga mengatakan, bahwa ia melihat potensi pemuda Indonesia yang sangat tinggi tapi tidak ada platform untuk membantu mereka mencapainya. "Langit kita itu luas, tapi terbang kita terlalu rendah" ucap Hasan Basri. Maka, ia mengemukakan bahwa Partai Gelora akan menjadi jawaban agar bisa mengembangkan potensi masyarakat terutama pemuda, dengan program-program sosial kemanusiaan, agar nantinya masyarakat bisa memiliki berbagai pencapaian.

Tentu, evolusi politik dan perkembangan partai politik dari waktu ke waktu adalah refleksi dari perubahan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat. Dari konsepsi awal hingga transformasi modern, peran partai politik terus berkembang dan beradaptasi untuk mencerminkan dinamika kompleks dalam politik dan kehidupan sosial. Pemahaman akan evolusi ini penting bagi kita semua dalam mengevaluasi peran partai politik dalam masyarakat modern saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun