Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru MTsN 4 Kota Surabaya
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulislah dengan hati niatkan untuk berbagi kebaikan semoga karyamu abadi dan menjadi ladang jariyah. Penulis 11 buku tunggal antara lain Pak Guru Menjadi Tamu Allah dan Membingkai Waktu, serta 70 buku Antologi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berwudhu Wajah Bersih Aura Memancar

12 September 2022   10:31 Diperbarui: 12 September 2022   11:16 225 20 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi orang berwudhu (oase.id)

Wajah merupakan bagian tubuh manusia yang paling menarik karena kebersihan dan kesehatan wajah bisa mencerminkan kebersihan dan kesehatan keseluruhan jasmani pemiliknya.

Kapan sebaiknya dan berapa lama kita membersihkan wajah kita?

Menurut Debra Jaliman seorang Asisten Profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine New York, secara ideal Anda harus mencuci muka dua kali sehari. Para ahli sepakat tentang hal ini dan menyarankan untuk cuci muka pada pagi dan malam hari.

Setiap orang memiliki ritual, waktu, cara dan kebiasaan membersihkan wajah setiap hari, tergantung dari keinginan dan kesanggupannya dalam membersihkan wajah.

Penulis sendiri, dan seluruh umat Islam telah diajarkan tentang kebersihan seluruh badan, bagaimana cara membersihkan jenis-jenis kotoran atau najis yang ada dalam badan, tubuh juga pada wajah kita.

Islam mengajarkan berwudhu yaitu syarat untuk mengerjakan salat. Salah satu rukun wudhu adalah membasuh wajah secara merata dengan air yang suci dan menyucikan, karena bakteri atau debu yang menempel pada pada kulit wajah akan teratasi dengan berwudhu. 

Mambasuh muka akan membuat wajah tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, wudhu juga dapat mencegah penyakit kulit, karena setiap berwudhu bakteri dan jamur akan hilang. Sehingga memperkecil kemungkinan terkena penyakit kulit. 

Kewajiban salat fardu bagi kaum muslimin adalah 5 kali dalam satu hari satu malam, berarti kaum muslimin akan selalu membersihkan wajahnya minimal 5 kali dalam sehari semalam, sehingga tak akan ada lagi kotoran, bakteri atau kuman yang tersisa dalam wajah kita. 

Ketika berwudhu kita lakukan dengan niat untuk beribadah, maka secara fisik wajah kita akan menjadi bersih dan suci dan secara batin wajah kita menjadi jernih dan memancarkan aura yang cerah, cantik, tampan dan menarik untuk dilihat oleh siapapun.

Wajah bersinar dan berseri yang memancarkan aura kesehatan yang prima bisa diperoleh dengan berwudhu secara sempurna

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan