Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... masyarakat pembaca buku

Mohon doa untuk saya dan keluarga agar sehat lahir batin, dimudahkan dalam urusan rezeki, dan berkah dalam hidup. Jika ada yang ingin bukunya diulas (resensi) silahkan hubungi email: ahmadsahidin12@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Inilah Permintaan Manusia Jelang Kematiannya

16 September 2020   13:07 Diperbarui: 16 September 2020   13:51 63 5 2 Mohon Tunggu...

Ini sekadar berbagi saja. Saya pikir memang hidup ini harus selaras dengan seruan para Rasul Allah dan perintah yang tercantum pada kitab suci yang diturunkan Nabi-Nya. Jangan sampai menyesal saat menjelang mati, bahkan ketika berada di alam barzah. Dalam Alquran disebutkan permintaan manusia kepada Allah saat akan berpindah ke Alam Barzah dari Alam Dunya dan saat menjelang akhir hidupnya. Apa saja?

Satu bahwa pada saat kematian tiba ingin ditangguhkan untuk melakukan amal saleh (kebaikan). Tercantum pada surah Al-Mu'min 99 dan 100.

Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.

Dua bahwa ingin ditangguhkan dari kematian sebentar saja untuk sedekah. Tercantum pada surah Al-Munafiqun 10.

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

Tiga bahwa ingin ditangguhkan dari kematian agar mematuhi seruan Allah dan mengikuti para Rasul. Tercantum pada surah Ibrahim 44.

Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: "Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul". (Kepada mereka dikatakan): "Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?"

Empat bahwa saat berada di Alam Barzah ingin dikembalikan ke Alam Dunya untuk melakukan amal saleh. Tercantum pada surah Sajdah 12.

Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin."

Demikian sekadar berbagi saja. Mohon doa untuk saya agar kelak tidak ada penyesalan di akhir kehidupan. Allahumma Shalli 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala Aali Sayyidina Muhammad. *** (ahmad sahidin)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x