Mohon tunggu...
Ahmad Irso Kubangun
Ahmad Irso Kubangun Mohon Tunggu... Pribadi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Komunikasikan apa yang di katakan untuk di kerjakan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Purnawirawan TNI yang Jadi Teladan Seluruh Rakyat

23 Juni 2019   11:55 Diperbarui: 23 Juni 2019   12:11 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Purnawirawan TNI yang Jadi Teladan Seluruh Rakyat
sumber: pixhd.me

Meskipun telah menyandang status purnawirawan TNI, tetap saja jati diri sesungguhnya adalah prajurit.

Seorang pengabdi setia kepada Pancasila, konstitusi RI dan penjaga kedaulatan negara. Purnawirawan TNI hanya status. Bukan ruh atau jiwanya.

Filosofis itulah yang membuat sampai kapanpun purnawirawan TNI harus dihormati, disegani dan jadi rujukan masa depan pertahanan Indonesia.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu adalah purnawirawan TNI. Namun semangatnya selalu melekat bagaikan selamanya sebagai prajurit TNI.

Tak salah disematkan gelar prajurit TNI sejati kepada Menteri Ryamizard. Kendati telah purnawirawan TNI dan memiliki jabatan penting di kenegaraan, Menteri Ryamizard tetap respek menghormati sesama purnawirawan. Apalagi jika itu seniornya.

Memang layak sampai kapanpun purnawirawan TNI tetap dihormati sebagai orang-orang yang mengabdikan dirinya dengan ketulusan berkorban bagi kedautalan dan pertahanan negara Indonesia.

Justru dari para purnawirawan TNI, makin banyak pelajaran yang bisa diperoleh. Tentang bagaiman sikap menjaga marwah Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

Ketulusan merawat persatuan bangsa agar tak terjadi pertikaian antar-sesama. Dari purnawirawan TNI dapat dipetik pengalaman soal menjaga bangsa Indonesia tidak hancur.

Sikap bagaimana keberanian dan kesadaran sebagai penjaga pertahanan negara dari gempuran bangsa lain atau bahkan dalam negeri sendiri.

Paling penting sisi pengalaman berharga dari sejarah hidup purnawirawan TNI adalah tidak menjadi pengkhianat bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN