Mohon tunggu...
Ahmad Firdaus
Ahmad Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keistimewaan Tadarus di Bulan Ramadhan Kota Bondowoso

22 April 2021   14:23 Diperbarui: 22 April 2021   14:38 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keistimewaan tadarus di bulan Ramadhan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam. Bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan di mana setiap perbuatan ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Banyak hal yang bisa dilakukan dan diperbuat ketika ingin mendapatkan pahala yang banyak ketika bulan yang penuh berkah ini datang.Seperti dalam bulan Ramadhan ini Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan kepada umatnya apa saja amalan sunah yang dapat dilakukan pada bulan suci Ramadhan, salah satunya adalah membaca Al-qur’an. Dengan membaca Al-Qur'an akan mendatangkan kemuliaan bagi orang yang rutin membaca dan mengamalkannya. Tak hanya didunia, bahkan diakhirat kelak, Al Quran dapat menjadi syafaat atau penolong.

Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dan yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Qur'an. Tadarus Al-Qur'an berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-qur'an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari). Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Al-qur'an, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Al-qu'ran.

Maka tidak jarang disaat datangnya bulan suci Ramadhan banyak orang-orang mengisi waktu di bulan Ramadhan untuk tadarus membaca Al-Qur'an bersama di masjid maupun di musolla. Dan di daerah Bondowoso yang sering ataupun sudah menjadi kewajiban pada malam hari setelah melaksanakan shalat isya' dan tarawih ramai sekali yang membaca Al-Qur'an tua maupun muda tidak ada batasan bagi mereka untuk mengikuti aktifitas tadarus di masjid maupun di musholla.

Berikut ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan jika melakukan tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadan :

Mendapatkan syafaat  

ibadah puasa dan membaca Al-Qur'an adalah dua ibadah serangkai yang akan memberi syafaat di akhirat nanti.Hal itu sebagaimana dalam sabda Rasulullah:"Puasa dan Al-Qur'an akan memberi syafaat (pertolongan) pada seorang hamba di hari kiamat." 

Pahala berlipat ganda

Di dalam Al-Qur'an mengandung banyak kebaikan. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Mendapatkan ketenangan jiwa

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82:Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. Al-Qur'an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga membaca Al-Qur'an setiap hari dapat mendatangkan ketenangan jiwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan