Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar menjadi manusia yang bermanfaat, paling tidak berbagi cerita dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pahlawan Menurut KBBI

2 November 2022   19:34 Diperbarui: 3 November 2022   13:21 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://news.detik.com/

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita semua. 

Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini masih diberikan kesempatan menulis di Kompasiana, mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya diri saya pribadi.

Pada kesempatan ini Penulis mengambil tema "Pahlawan Menurut KBBI"

Pada artikel tanggal 1 November 2022 dengan judul November bulan pahlawan, di sana dijelaskan bahwa ada peristiwa sangat besar, yang terjadi pada bulan November yaitu perlawanan masyarakat Surabaya dan sekitarnya melawan Sekutu untuk mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Dari sana terdapat kata pahlawan, kemudian ada pertanyaan di dalam benak kita mengenai Apa makna pahlawan?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita harus membuka pedoman yang bisa dipakai dalam mengartikan sebuah istilah yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online (KBBI online) dengan alamat https://kbbi.web.id/pahlawan. Di sana dijelaskan bahwa pahlawan dapat diartikan orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Selain pengertian tersebut Pahlawan juga berarti sebagai pejuang yang gagah berani.

Dengan pengertian di atas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online (KBBI online), maka di dalam artikel tanggal 1 November 2022 dengan tema November bulan pahlawan, dapat dimaknai bahwa di dalam bulan tersebut terdapat peristiwa-peristiwa yang sangat luar biasa, di mana banyak pengorbanan oleh para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia yang berusaha dijajah kembali oleh Belanda. Belanda yang saat itu ikut membonceng atau istilah Sekarang dompleng dengan sekutu untuk berusaha menduduki wilayah Indonesia kembali sebagai bagian jajahannya. Tetapi pada saat itu rakyat Indonesia khususnya Surabaya dan sekitarnya tidak mau tunduk atas Ultimatum dari Sekutu tersebut. 

Begitu juga peristiwa-peristiwa di daerah lain yang melahirkan perang kemerdekaan di mana-mana termasuk salah satunya Bandung dengan sebutan Bandung Lautan Api, kemudian di Medan dengan sebutan Medan Area dan lain sebagainya, ini merupakan sebuah peristiwa yang sangat luar biasa dan membutuhkan pengorbanan dari para pejuang bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Maka di setiap peristiwa yang berbeda akan melahirkan seseorang atau sekelompok orang pahlawan, sebagai simbol pergerakan atau perjuangan untuk mempertahankan atau memperjuangkan hak-hak hidup secara menyeluruh bagi bangsa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun