Mohon tunggu...
KKN UM Ngadirenggo
KKN UM Ngadirenggo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa KKN Ngadirenggo Wlingi Blitar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perangkat Desa Ngadirenggo Mengikuti Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Web Berbasis Blogspot

8 Juli 2019   14:11 Diperbarui: 8 Juli 2019   14:30 11 0 0 Mohon Tunggu...
Perangkat Desa Ngadirenggo Mengikuti Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Web Berbasis Blogspot
Dokpri

Blitar -- Mahasiswa KKN UM 2019 mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan web desa berbasis blogspot untuk desa. Melalui web resmi desa, masyarakat luas bisa mengakses serta mengetahui infomasi baik informasi geografi, demografi dan kultur budaya desa. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju membuat keharusan desa mempunyai wadah untuk membuat dan menyebarluaskan informasi melalui media sosial resmi dari desa. Web desa didesain dengan manunjukkan kearifan lokal yang dimiliki desa Ngadirenggo, Wlingi di menu utamanya.

Ketua kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan web desa menyampaikan tentang penggunaan dan tujuan kegiatan serta pengelolaan web desa yang baik dan benar. Melalui pelatihan ini kami mahasiswa UM berharap desa ngadirenggo mempunyai akses ke web pribadi sendiri. Ketua kegiatan dalam sambutannya menyampikan, "Segala kegiatan desa berupa kegiatan bersih desa, perayaan peringatan hari kemerdekaan indonesia serta kegiatan pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan serentak, dapat diketahui rekam jejak dan visi misi dari masing-masing calon kepala desa oleh calon pemilih (masyarakat)," Senin, (01/06/2019).

Perangkat desa sangat antusias dengan pelatihan dan pendampingan pembutan web, karena ini merupakan pengalaman baru untuk mereka dan kegiatan dikemas dengan belajar bersama yang menyenangkan dan interaktif. "Kami sangat menunggu kegiatan pendampingan pembuatan media online yang berguna untuk kemajuan desa, khususnya untuk publikasi kegiatan yang dicanangkan dan yang sudah dilaksanakan" tutur sekretaris desa Ngadirenggo Ibu Rini. Namun, terjadi kendala dimana sebagian peserta pendampingan belum mempunyai akun email mereka masing-masing, sehingga proses pembuatan web di dahului dengan kegiatan pembuatan akun email masing-masing peserta. Setelah selesai, baru pendamping memandu kegiatan dengan membuka google crome dilangkah pertama sampai langkah daftar sampai pengisian profil pengguna dan pembuatan konten di web nya.

Setelah mengetahui cara pembuatan web, di akhir kegiatan para peserta diminta membuat akun web sendiri dengan tema yang mereka inginkan. Melalui pembuatan web mereka sendiri kami berharap, mereka bisa mengembangkan bahkan mengelola web desa dengan baik dan benar. Selain itu kami mahasiswa UM membuatkan web sementara untuk desa dengan nama ngadirenggo jaya, yang kami harapkan segala informasi bisa disampaikan dan dipublikasikan  dan dapat di akses masyarakat ngadirenggo khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Di penutupan acara kami menyampaikan terima kasih dan siap membantu apabila ada kendala dalam proses pembuatan dan publikasi dari pihak desa. Perangkat desa merespon dengan baik dan mengucapkan terima kasih, serta di tandai dengan penyerahan web berbasis blogspot kepada pihak desa oleh mahasiswa UM.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x