Mohon tunggu...
KKN UM Ngadirenggo
KKN UM Ngadirenggo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa KKN Ngadirenggo Wlingi Blitar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menjaga Generasi Muda dari Penyalahgunaan Narkoba dengan Edukasi Gembira oleh Mahasiswa KKN UM

24 Juni 2019   19:06 Diperbarui: 24 Juni 2019   19:13 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menjaga Generasi Muda dari Penyalahgunaan Narkoba dengan Edukasi Gembira oleh Mahasiswa KKN UM
dokumentasi pribadi

Narkotika merupakan zat/ obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semi sintesis. Narkotika apabila dimasukkan ke dalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap, sedot) maupun secara injeksi/ suntikan. Narkotika dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan juga dapat menimbulkan ketergantungan. Hal ini akan berbahaya bagi tubuh jika pengguna ketergantungan.

Saat ini penyalahgunaan narkoba di Indonesia kian menghawatirkan. Berdasarkan survei, 12.044 orang meninggal per tahun atau 33 orang per hari akibat dampak penyalahgunaan narkoba. 

Tak hanya itu para pengedar narkoba kini makin pintar dalam mengedarkan narkoba hingga mulai menyasar ke anak sekolah dasar. Jenis narkoba juga makin banyak untuk mengelabuhi anak-anak.

Berdasarkann permasalahan diatas maka Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar mengadakan sosialisasi dengan tema "Edukasi Gembira Sosialisasi Narkoba untuk Anak Sekolah Dasar". 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, (18/06/2019) di aula kantor Desa Ngadirenggo mulai pukul 08.30 sampai pukul 10.30. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar Ngadirenggo I yaitu siswa kelas 3, 4, dan 5. 

Acara ini dibuka oleh perwakilan Bapak Kepala Desa yaitu Bapak Anjar, beliau mengatakan "Dengan memberikan pemahaman dan gambaran resiko yang akan diterima jika melakukan penyalahgunaan narkoba, masyarakat khususnya generasi muda dalam hal ini kalangan pelajar maka mereka pada akhirnya takut untuk berdekatan dengan narkoba".

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selanjutnya , materi disampaikan oleh Ibu Anindhita Rustiyan K, S.Ikom dari BNN Kabupaten Blitar. Beliau mengatakan "Saat ini banyaknya jenis narkoba yang dimodifikasi dalam berbagai bentuk makanan yang cenderung disukai oleh anak misalnya permen, kue, dll. 

Tujuan dari modifikasi tersebut adalah untuk mempermudah pengedar narkoba dalam penyebaran narkoba tersebut". Ibu Anindhita menghimbau kepada orangtua dan anak-anak untuk waspada dan lebih selektif dalam menerima berbagai macam bentuk makanan dari orang yang tidak dikenal.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x