Mohon tunggu...
AHMAD ALIFUDDIN
AHMAD ALIFUDDIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMJ jurusan komunikasi dan penyiaran islam penerima program beasiswa 1000 da'i bamuis BNI

Menulis dan membaca, hobby untuk masa depan yang cerah dan cermat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mau Apa Setelah Merantau?

9 November 2023   09:51 Diperbarui: 9 November 2023   10:16 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Merantau: Mencari Tujuan 

Mau Apa Setelah Merantau: Menemukan Tujuan Setelah Hidup di Jauh dari Rumah

Merantau adalah pengalaman yang seringkali dijalani oleh banyak orang, terutama di Indonesia. Bagi sebagian, merantau adalah langkah pertama menuju kemandirian dan kesuksesan. Namun, setelah bertahun-tahun merantau, seringkali muncul pertanyaan, "Mau apa setelah merantau?"

Mencari Tujuan Setelah Merantau

Pengalaman dan Pertumbuhan Pribadi: Merantau dapat membawa perubahan signifikan dalam hidup seseorang. Pengalaman dan pertumbuhan pribadi selama merantau seringkali membuka peluang baru.

Karir dan Pekerjaan: Merantau seringkali terkait dengan mencari peluang karir. Setelah merantau, seseorang dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan karir lebih lanjut atau bahkan kembali ke kampung halaman untuk memberikan kontribusi.

Pendidikan: Banyak yang merantau untuk mengejar pendidikan yang lebih baik. Setelah meraih gelar, pertanyaan "Mau apa setelah merantau?" mungkin muncul, apakah untuk bekerja atau terus mengejar pendidikan lanjutan.

Pengabdian Sosial: Sebagian orang merantau untuk mencari peluang untuk berkontribusi pada masyarakat atau lingkungan sekitar. Setelah merantau, pengabdian sosial bisa menjadi pilihan yang baik.

Menemukan Jawaban

Mencari jawaban atas pertanyaan "Mau apa setelah merantau" tidak selalu mudah. Proses eksplorasi diri dan tujuan hidup adalah langkah penting. Berbicara dengan orang yang pernah merantau atau mencari bimbingan profesional juga dapat membantu.

Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun