Mohon tunggu...
ahmad affan alhammam
ahmad affan alhammam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

رَغْبَةٌ فِي الخَيْرِ خَيْرٌ "Mencintai kebaikan adalah sebuah kebaikan"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hadiah Terbaik Untuk Guru

26 November 2023   06:37 Diperbarui: 26 November 2023   07:15 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI

Sebelum membahas tentang hadiah terbaik untuk guru, saya ingin mengucapkan terlebih dahulu 'SELAMAT HARI GURU NASIONAL' untuk seluruh guru yang telah banyak berjasa.

Di Indonesia, tradisi yang sudah lazim dilakukan ketika merayakan hari guru adalah dengan memberikan hadiah kepada mereka, seperti tas, baju, dll. Namun, apakah kita pernah berfikir apa hadiah yang terbaik untuk guru? Dan apakah kita bisa menghadiahkan sesuatu kepada guru kita yang sudah meninggal?

Nah di sini saya bermaksud mengajak kita semua yang pastinya memiliki guru. Hadiah yang terbaik untuk guru adalah dengan mengamalkan ilmu yang telah diberikannya dan selalu mendoakan sang guru, ketika seorang murid mengamalkan ilmu yang didapatkan nya dari gurunya maka guru tersebut akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, dan begitu juga jika murid tersebut mengajarkan apa yang diajarkan oleh gurunya lalu murid dari murid tersebut mengamalkannya maka guru nya akan terus kecipratan pahala, pahala itulah yang menjadi bekal untuk sang guru di akhirat kelak dari ilmu yang diajarkannya, pahala nya akan terus mengalir kepada sang guru.

Inilah menurut asumsi saya, mendoakan guru dan mengamalkan ilmu yang telah diajarkannya adalah hadiah terbaik untuk guru kita, saya tidak menafikan hadiah-hadiah yang bersifat materi, tetapi saya mengajak kepada pembaca sekalian, jangan hanya memberikan hadiah materi saja kepada guru, tetapi juga selalu mendoakannya dan mengamalkan ilmu yang telah diajarkannya.

Ucapkan doa ketika menyebut namanya, semisal jika guru itu masih hidup maka ucapkanlah Hafizhahullahu Ta'ala (حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى) yang artinya 'Semoga Allah Ta'ala menjaga nya', dan jika guru tersebut sudah meninggal ucapkanlah Rahimahullahu Ta'ala (رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى) yang artinya 'Semoga Allah Ta'ala Merahmatinya'. Contoh pengucapannya semisal:"Kata ustadz/pak Fulan Hafizhahullahu Ta'ala..." atau "Dulu ustadz/ustadzah/pak/ibu Fulan Rahimahullahu Ta'ala...". Jika guru nya perempuan maka dhomir pada doa tersebut diubah menjadi Hafizhahallahu Ta'ala dan Rahimahallahu Ta'ala.

Penutup, selamat hari guru untuk para guru yang telah mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa dan agama. Semoga Allah selalu menjaga kalian, semoga Allah selalu melimpahkan nikmat-nikmat nya, semoga Allah selalu memberikan keberkahan dari setiap langkah-langkah kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun