Mohon tunggu...
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai Mohon Tunggu... Teknik Informatika

Ahmad Rifai F55116109

Selanjutnya

Tutup

Digital

Teknologi Li-Fi, Memiliki Kecepatan Internet Lebih Tinggi dari Wi-Fi

10 Oktober 2019   08:31 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:41 0 0 0 Mohon Tunggu...

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua orang di seluruh dunia tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Apalagi dengan adanya smartphone dan laptop yang sudah bisa dibawa kemanapun.

 Dan dengan adanya teknologi tersebut kita dapat lebih mudah dalam urusan mengakses berita yang ingin kita ketahui melalui internet. Tapi untuk mendapatkan sebuah akses internet, kita membutuhkan sebuah jaringan yang menghubungkan antara teknologi dengan internet. Teknologi yang biasa digunakan untuk terhubung ke internet adalah Wi-Fi. 

Wi-Fi merupakan sebuah pemancar jaringan nirkabel yang dapat memancarkan jaringan internet melalui frekuensi radio. Namun saat ini sebuah teknologi pemancar sinyal internet baru dan sedang di kembangkan, teknologi tersebut adalah Li-Fi yang memungkinkan akan menggantikan posisi Wi-Fi. Untuk mengetahui kebih tentang Li-Fi, simak ulasan berikut.

Li-Fi merupakan sebuah teknologi yang dapat memancarkan sinyal interner melalui cahaya Lampu LED. Li-Fi atau Light fidelity merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan internet dapat terhubung melalui cahaya. Berbeda dengan Wi-Fi yang dapat memancarkan sinyal internet melalui gelombang frekuensi radio. 

Kecepatan Li-Fi jauh lebih unggul dibanding Wi-Fi, kecepatan Li-Fi bisa sampai 10 kali lipat lebih cepat di banding wifi. Namun Li-Fi hanya dapat digunakan di satu ruangan Karena menggunakan cahaya tampak, dan cahaya tidak bisa menembus dinding, rentang sinyal tentunya jadi dibatasi oleh penghalang fisik. Berikut Kelebihan dan kekurangan pada Li-Fi.

Kelebihan Li-Fi :

  • Efisiensi pada biaya rendah karena memerlukan komponen lebih sedikit dari teknologi sinyal radio. Energi dalam pencahayaan LED sudah efisien dan transmisi data membutuhkan daya tambahan yang diabaikan. Lingkungan transmisi pada RF dan propagasi sangat sulit, tetapi tidak pada lifi yang bekerja dengan baik dalam hal lingkungan. Keselamatan terhadap kehidupan di bumi telah berevolusi melalui paparan cahaya, sehingga tidak ada masalah keamanan atau kesehatan pada teknologi ini.dan tidak ada bahaya yang diakibatkan oleh teknologi ini karena transmisi cahaya menghindari penggunaan frekuensi radio yang dapat mengganggu sirkuit elektronik di lingkungan tertentu seperti di dalam pesawat.
  • Keamanan dalam privasi sangat terjaga karena sulit dalam pencarian sinyal di luar area karena sinyal terbatas pada daerah khusus dan tidak akan menembus dinding selain kaca. Pengendalian data dapat diarahkan dari satu perangakat ke perangkat lain dan pengguna dapat melihat dimana data tersebut tersimpan. Tidak ada fitur keamanan tambahan seperti pasangan dalam interkoneksi RF pada sinyal bluetooth.

Kekurangan Li-Fi :

  • nternet tidak bisa digunakan atau tidak dapat diakses tanpa adanya sumber cahaya sebagai pengantar sinyal. Hal ini bisa membatasi lokasi dan situasi di mana Li-Fi dapat digunakan.
  • Karena menggunakan cahaya tampak, dan cahaya tidak bisa menembus dinding, rentang sinyal tentunya jadi dibatasi oleh penghalang fisik.
  • Karena menggunakan cahaya tampak, dan cahaya tidak bisa menembus dinding, rentang sinyal tentunya jadi dibatasi oleh penghalang fisik.(TI19Palu)

Semoga Bermanfaat, Terimakaasih

Sekian artikel

KONTEN MENARIK LAINNYA
x