Mohon tunggu...
Ahmad MurtadloBahry
Ahmad MurtadloBahry Mohon Tunggu... Mahasiswa

...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

28 Oktober 2020   12:30 Diperbarui: 28 Oktober 2020   12:50 11 1 0 Mohon Tunggu...

Pada akhir 2019 lalu, terjadi suatu peristiwa dimana munculnya sebuah wabah penyakit yang bernama virus Covid 19 yang menyebabkan lumpuhnya semua kegiatan manusia yang ada didunia. Covid 19 merupakan Virus yang berasal dari hewan liar. Meskipun liar, hewan tersebut tetap dikonsumsi oleh manusia. Virus ini dapat menyebar secara langsung dan cepat karena adanya kontak fisik dengan penderita. Virus ini masih menjadi teka-teki bagi masyarakat karena penderita semakin hari semakin bertambah dan belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus tersebut.

Dikarenakan penyakit virus covid 19 ini yang tak kasat mana dan penyebarannya sangat pesat membuat semua orang memilih menetap di dalam rumah dan menjadikan kegiatan diluar rumah seperti bekerja harus terhenti, termasuk juga dengan sekolah yang terpaksa harus berhenti yang membuat pembelajaran sekolah dilakukan dengan daring atau online. Meski menuai banyak pro dan kontra namun siswa dituntut untuk belajar menggunakan pembelajaran online.

Dengan adanya wabah ini pembelajaran yang awalnya berlangsung dengan tatap muka, sekarang diganti menjadi online atau daring. Disini guru dituntut untuk mencari sebuah solusi atau strategi dalam penyampaian materi yang setidaknya mudah dipahami dan dimengerti oleh para siswa meskipun penyempaian materi itu tidak dilakukan secara langsung. Seperti di daerah sukun - Malang, yaitu di SDN Sukun 1 Malang, pembelajaran dilakukan menggunakan beberapa aplikasi seperti, Quizizz, Google Classroom, Google Meet, dan Zoom. Media tersebut dapat membantu guru, seperti penyampaian materi yang menggunakan Google Meet dan Zoom, dan tugas tugas atau evaluasi setelah penyampaiaan materi menggunakan Quizizz dan Google Classroom.

Dengan Media Pembelajaran seperti diatas guru sudah mengupayakan pembelajaran dengan hasil yang maksimal, tinggal para siswa yang mampu melaksanakannya dengan baik atau tidak.

VIDEO PILIHAN