Mohon tunggu...
Ahmad Said Widodo
Ahmad Said Widodo Mohon Tunggu... Sejarawan, Peneliti dan Penulis

Penggemar Sejarah, Politik dan Sastra, Pecinta Alam dan Petualang

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Menulis Itu Mudah

18 Juli 2020   13:19 Diperbarui: 18 Juli 2020   15:15 33 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Itu Mudah
Pinterest.com

Menulis itu gampang-gampang susah dan susah-susah gampang. Banyak sekali teorinya, namun yang lebih penting adalah adanya kemauan (niat), tekad dan semangat yang bulat serta memperbanyak praktek menulis.


Tulis saja. Barangkali kata singkat yang bisa mewakili, bahwa menulis itu harus dimulai sejak dini, tidak nanti atau lain kali.

Menulis di Kompasiana pun demikian, namun jika kita dapat menguasai teknik penulisan ilmiah atau ilmiah populer atau populer, maka menulis di Kompasiana adalah lebih ke penulisan populer alias bukan yang jlimet dan berat-berat, cukup yang ringan-ringan saja, namun singkat, padat dan jelas.

Tulisan di Kompasiana bermacam ragam dari: ekonomi, fiksiana, gaya hidup, hiburan, humaniora, kotak suara, olahraga, politik, teknologi dan wisata. Dan masing-masing masih dibagi ke dalam sub-sub yang lebih kecil dan yang lebih spesifik.

Betapa kita akan merasa bahagia jika tulisan kita bisa ditayangkan, dilihat dan dibaca oleh orang lain, diberikan penilaian, dikomentari dan dibagikan di dinding media sosial mereka.

Dan akan lebih bahagia lagi jika tulisan kita mendapatkan predikat dengan pita biru: terpopuler, pilihan editor (sebagai artikel utama, headline) dan highlight.

Semakin lama akan semakin banyak pula tulisan kita. Seandainya setiap hari kita menulis satu tulisan dan seminggu sekali tulisan kita yang menurut kita terbaik kemudian kita publikasikan, maka dalam setahun (52 minggu), minimal tulisan kita sudah mencapai 52 buah.

Semakin lama poin kita pun akan semakin banyak dan poin pangkat kita akan semakin meningkat, yaitu: debutan, junior, taruna, penjelajah, fanatik, senior dan maestro.

VIDEO PILIHAN