Mohon tunggu...
Ahlis Qoidah Noor
Ahlis Qoidah Noor Mohon Tunggu... Educator, Doctor, Author, Writer

trying new thing, loving challenge, finding lively life. My Email : aqhoin@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PPDB antara Zonasi dan Seleksi

1 Juli 2019   12:19 Diperbarui: 1 Juli 2019   12:25 0 1 0 Mohon Tunggu...

Hari ini terhitung mulai tanggal 1 sampai 5 Juli menjadi jadwal bagi para pendaftar di SMK untuk melakukan aktivasi akun setelah mereka daftar mandiri minggu sebelumnya. Ada beberapa hal yang istimewa dari PPDB tahun ini. Khusus untuk jurusan pariwisata maka calon peserta harus melalui tes kesehatan dan interview untuk membantu mereka melihat secara lebih gambling dan luas suasanan edukasi di SMK. 

Salah satu hal yang menjadi topik Utama dalam pendafataran adalah seleksi kesehatan. Untuk jurusan Pariwisata yang meliputi Perhotelan, Kuliner, Tata Busana dan Kecantikan Kulit dan Rambut tes kesehatan sangat menentukan. Bilamana hasil tes kesehatan menunjukkan hasil minus melebihi ketentuan , buta warna dan silindris maka mereka harus rela untuk mendaftar di jurusan yang lain. Sangat bias dipahami bahwa persyaratan itu harus dipenuhi calon peserta didik dengan beberapa pertimbangan. Kemampuan calon peserta didik pada saat magang di Industri juga dilihat dari segi yang dipersyaratkan. 

Seleksi di SMK juga ditentukan oleh hasil dari nilai Ujian Nasional. Nilai UN ini menjadi hal yang sangat menentukan. Berbeda halnya dengan di SMA. Zonasi memegang peranan penting dalam perekrutan calon peserta didik  walaupun tentu saja ada prosentase tertentu dalam prestasi. 

Tanpa bermaksud mempengaruhi calon peserta didik, tampaknya tahun ini SMK akan mendapatkan hasil yang sangat selektif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Semoga kualitasnya tetap terjaga dan siap bertanding di era MEA.SMK Bisa !

VIDEO PILIHAN