Mohon tunggu...
Mohamad Agus Yaman
Mohamad Agus Yaman Mohon Tunggu... Seniman

Ketua Sanggar Seni Rebang Emas Sungailiat Bangka, Prov. Kep. Bangka Belitung. Koreografer, Artistic Director, Kreator Tari Tradisional & kontemporer.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tentang Sebuah Seni

16 Oktober 2019   09:28 Diperbarui: 16 Oktober 2019   14:54 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tentang Sebuah Seni
379709-661605903866898-1557426797-n-5da6cb820d8230234c4c2cf3.jpg

Setiap manusia apapun  rupa dan warnanya mengeluarkan ekpresi dan perasaannya melalui wajah, gerak serta vokal dan manusia memiliki keindahan dalam mengeluarkan ekspresi serta dan perasaannya tersebut.

Kemudian jika perasaannya ia tuangkan dalam bentuk nyanyian, tangisan, tawa, gerak atau yang berhubungan dengan panca indera maka manusia itu adalah seniman. Dan seniman adalah orang yang mempertontonkannya kepada khalayak ramai lalu diakui orang sebagai profesinya.

Seni itu sudah tercipta sejak Tuhan menciptakan suatu bentuk dan sifat yang ada di alam semesta ini. Manusia adalah orang yang mengkreasikan ciptaan-Nya karena manusia merupakan mahluk hidup yang memiliki pikiran.

Seni ciptaan manusia mengandung unsur keindahan bagi yang menyukainya dan seni dapat mempengaruhi orang untuk menyatakan keindahan itu. Seni tersebut hasil ungkapan dalam bentuk nyata yang dapat dilihat, dicium, diraba dan didengar lalu bentuk itu mempengaruhi orang lain untuk mengaguminya.

Seni itu untuk dicintai disukai dan disayangi bahkan menurut pendapat saya wajib dicintai mulai orang yang tidak punya apa-apa hingga punya apa-apa. Setiap orang merasakan seni itu dalam dirinya, dalam pandangan, pendengaran, penciumannya dengan kata lain seni itu kekaguman terhadap sesuatu yang akhirnya menyukainya.

Dalam kategori seni pertunjukan seperti tari, drama, dan sebagainya yang pentas di atas panggung, tepi jalan raya, parkiran, halaman ataupun taman merupakan ungkapan yang didalamnya terdapat unsur penampilan untuk menampilkan keahlian. Keseluruhan dari penampilan menjadi tolak ukur tingginya nilai seni si pembuat. 

Sedangkan pendengaran sebagai alat bantu untuk memainkan perasaan penonton, oleh karena itu seni pertunjukan memerlukan bunyi walau hanya sebersit tetes air, memerlukan alat musik, vokal dan suara-suara untuk mengangkat suasana penampilan.

Dapat disimpulkan seni pertunjukan merupakan perpaduan antara mahluk hidup, alam dan perasaan dikeluarkan hingga membentuk fenomena yang dinamakan karya seni. Karya ini menimbulkan sisi-sisi kagum pada orang yang melihatnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x