Mohon tunggu...
Agus Wijaya
Agus Wijaya Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Wiraswasta

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mitos Burung Perkutut yang Paling Melegenda di Tanah Jawa

1 November 2021   20:50 Diperbarui: 7 Desember 2021   01:48 4711 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: hartalangit.com

Dalam tradisi masyarakat Jawa, burung Perkutut menjadi salah satu simbol kesempurnaan seorang laki-laki Jawa yang sudah di anggap mapan, yaitu: Wismo: Rumah, Garwo: Istri, Turonggo: Kuda, Kukilo: Burung (khususnya burung Perkutut) dan Curigo: Keris.

Dengan memiliki ke lima hal tersebut, maka seorang pria telah dinyatakan sempurna dalam menjalani hidup. Adanya klangenan dapat menciptakan ketenangan batin yang akan mengusir energi negatif dalam dirinya maupun tempat tinggalnya.

Burung Perkutut merupakan sarana pencipta kepuasan batin bagi pemiliknya. Suara anggungannya yang merdu mampu memberikan suasana tenang, teduh dan membawa kebahagiaan seolah-olah dapat menghubungkan para penikmatnya dengan alam semesta secara langsung.

Sejak jaman dahulu, burung Perkutut lokal memang sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib. Banyak mitos tentang burung Perkutut yang menjadi cerita turun-temurun di masyarakat, bahkan terkadang sampai membuat sebagian orang takut untuk memelihara burung Perkutut karena terpengaruh oleh cerita-cerita mistis tentang burung ini.

Tapi bagi orang yang percaya pada tuah gaib Perkutut katuranggan, justru akan mencari burung Perkutut dengan katuranggan tertentu untuk dipelihara, sebab mereka yakin dengan memelihara Perkutut katuranggan dapat merubah kehidupannya menjadi lebih baik.

Dari banyaknya mitos tentang Perkutut lokal, ada beberapa mitos yang sangat melegenda di masyarakat dan menjadi cerita turun temurun.

Berikut ini beberapa Mitos tentang burung Perkutut yang sangat melegenda dan menjadi cerita turun-temurun di masyarakat:

1. Mitos tentang burung Perkutut yang konon bisa berubah menjadi ular

Cerita tentang burung Perkutut yang bisa berubah menjadi ular tentunya sudah tidak asing bagi para penggemar Perkutut lokal. Tapi meskipun sering dibicarakan, cerita tentang Perkutut jadi ular masih tetap menjadi misteri.

Secara logika tentunya hal itu mustahil terjadi karena burung Perkutut dan ular adalah dua jenis hewan yang berbeda species, dan jika dilihat dari bentuk fisiknya saja sudah jauh berbeda. Tapi jika bicara tentang hal-hal ghaib, tentunya hal itu mungkin saja terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan