Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis, pecinta traveling dan buku. Bekerja di Enciety Business Consult.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Nicky Astria dan Kenangan di Balai Pemuda

17 September 2019   13:14 Diperbarui: 17 September 2019   19:27 0 4 2 Mohon Tunggu...
Nicky Astria dan Kenangan di Balai Pemuda
Nicky Astria. foto: Antara

Hari-hari ini, saya lagi kesengsem dengerin lagu-lagunya Nicky Astria. Gara-gara lihat video viral di Youtube. Nilawati Sahrum, perempuan yang suaranya mirip Nicky Astria. Dia menyanyi di Lapangan Pancasila, Palopo. Video tersebut kini sudah ditonton jutaan orang.

Nama Nilawati makin viral setelah dirinya diundang Deddy Corbuzier. Di acara Hitam Putih. Nilawati yang ternyata pengusaha batik itu, sebelumnya memang penyanyi. Pernah mengisi di TVRI. Kemudian memilih berhenti nyanyi karena ingin konsentrasi mengurus keluarga.

Di sela talk show, Nilawati sempat menangis haru. Ini setelah Deddy Corbuzier sengaja memutar rekaman video komentar Nicky Astria.  Nicky melontarkan pujian. Nicky kagum dengan suara Nilawati yang menyanyikan lagu Misteri Cinta.  

"Bagus banget. Tinggi, bening, tidak terlihat capek. Saya sendiri yang menyanyikan gak sampe viral. Mbak membawkaan dengan baik sehingga banyak orang suka," tutur pemilik nama lengkap Nicky Nastitie Karya Dewi ini.

Kedua, tentu saja Konser Nicky Astria bertajuk "Terus Berlari" yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (23/4/2019) lalu. Konser keren yang dikemas orchestra. Dan, Tohpati, musisi papan atas di Indonesia, didapuk menjadi music director-nya.  

Nicky Astria tampil all out. Dua jam. Meski usianya tak muda lagi, suara dan staminanya masih cukup bagus. Dia mampu 'menghipnotis' ribuan penonton . Suara emas Lady rocker asal Bandung itu juga mampu membawa suasana nostalgik. Lagu-lagu lawas seperti Cinta di Kota Tua, Misteri Cinta, Bias Sinar, Kau, Megapa, Uang, Jarum Neraka, Panggung Sandiwara mampu menggugah emosi penonton dengan ikut bernyanyi bersama.   

***

Saya sengaja meng-klik beberapa video konser Nicky Astria di Youtube. Mengikuti bait demi bait lantunan suara penyanyi rock perempuan yang menurut saya, belum tergantikan. Meski di eranya ada Nike Ardila, Mel Shandy, Anggun C. Sasmi,  Inka Christie, Conny Dio, Poppy Mercury, dan Ita Purnamasari.

Dengan mendengar, saya merasa bisa memutar memori lama. Ketika saya masih terlibat dalam kegiatan musik di Balai Pemuda Surabaya. Pada 17 April 2009, Nicky Astria menjadi guest star pergelaran musik bertajuk "Kartini Nite". Semua pengisi acara itu semua perempuan. Nicky didampingi grup band Bidadari. Sedang dari Surabaya tampil Princess, grup band cewek yang personelnya masih berstatus pelajar.

Masa itu, Balai Pemuda getol mendatangkan penyanyi dan musisi legendaris. Dari genre rock, ada Achmad Albar, Ian Antono, Ucok AKA Harahap, Arthur Kaunang. Grup band lawas yang pernah mengisi acara di antaranya Panbers, D'lloyd, The Gembel's, Usman Bersaudara, De Hands. Juga deretan penyanyi senior seperti Mus Mulyadi, Ebit G Ade, Mus Mujiono, Arie Kusmiran, Dian Pieshesa, Meriam Bellina, Utha Likumahuwa, Tri Utami, dan masih banyak lagi.

Ihwal mendatangkan Nicky Astria itu berdasarkan permintaan mereka yang pernah menyaksikan konser musik di Balai Pemuda. Mereka rindu suara melengking dan lagu-lagu yang hits di era 90-an. Sementara Nicky, sudah lama vakum dari dunia panggung hiburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x