Mohon tunggu...
Agustinus Marjito
Agustinus Marjito Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah seorang pendidik sekolah dasar dan memiliki kecintaan pada dunia pendidikan anak-anak.

Praktisi pendidikan Dasar di Yogyakarta. Menempuh pendidikan di De Lasalle University Manila, Philipine dengan fokus Management Pendidikan dan kepemimpinan sekolah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Workshop Kurikulum Merdeka bagi Para Guru SD di Makassar

2 Agustus 2022   13:02 Diperbarui: 2 Agustus 2022   15:11 219 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang diluncurkan oleh Pemerintah dan mulai dilaksanakan pada tahun 2022/2023. Secara keseluruhan saya melihat bahwa persiapan untuk pelaksanaan kurikulum merdeka ini belumlah terlalu siap untuk dilaksanakan. 

Memerlukan upaya dan persiapan yang matang agar tujuan dari Kurikulum merdeka ini sungguh-sungguh dapat dicapai dengan baik. Oleh karena itu workshop penyusunan CP-TP-ATP dan proyek penguatan profil peserta didik untuk para guru sekolah dasar di bawah Yayasan Paulus Makasar dilaksanakan selama 2 hari tanggal 1-2 Agustus 2022. 

Workshop ini diikuti oleh 8 sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Katolik Paulus Makasar. Mereka berasal dari Kota Makasar, Kota Kendari, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Pare-Pare, Kabupaten Raha. Mereka terdiri dari para Kepala Sekolah, Tim Pengembang Sekolah dan guru.

Dalam kegiatan ini dilatihkan kepada para peserta untuk menganalisis core value dari Yayasan Paulus Makasar sebagai dasar untuk menyusun pendidikan karakter dan penguatan profil peserta didik di sekolah-sekolah tersebut. 

Peserta dilatih untuk mengintegrasikan nilai-nilai yang dijabarkan dalam profile pelajar Pancasila ke dalam nilai-nilai yang dihidupi oleh Yayasan dan sekolah-sekolah katolik di bawah Yayasan Paulus Makasar. 

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peserta untuk selalu mendasarkan seluruh kegiatan yang dilakukan sekolah diarahkan kepada pencapaian nilai-nilai Yayasan  Paulus Makasar. Nilai-nilai utama yang akan dicapai adalah: 

Unggul, kreatif, kasih dan misioner. Dari keempat nilai ini dikembangkan dalam 15 program strategis antara lain: Komunitas pendidikan yang memiliki kecerdasan holistik; komunitas pendidikan yang memiliki integritas; komunitas yang memiliki tata kelola yang baik; komunitas pendidikan yang inovatif; 

komunitas pendidikan yang produktif; komunitas pendidikan yang berpikir kritis; komunitas yang transformatif; komunitas yang peduli; 

komunitas yang setia; komunitas yang bertanggung jawab; komunitas pendidikan yang berbelarasa; komunitas pendidikan yang inklusif; komunitas pendidikan yang plural; komunitas pendidikan yang mengembangkan kebenaran; komunitas pendidika yang mengembangkan kedamaian.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan