Mohon tunggu...
wulanindri
wulanindri Mohon Tunggu... Administrasi - agustin

Penyuka tanaman, buku-buku novel, toko buku dan perpustakaan. Novel di platform storial berjudul "meraba waktu"

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ngomongin Buah Jambu Batu

16 Januari 2022   09:10 Diperbarui: 16 Januari 2022   10:17 168 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jambu batu atau jambu biji. Merupakan buah yang rasanya keseud saat masih mentah dan manis saat sudah masak. Guava sendiri mulai familiar saat iklan salah satu minuman mengenalkan rasa khas dari buah jambu merah, jika tidak salah saat itu sedang ramai diketahui khasiatnya bisa mengatasi penyakit karena gigitan nyamuk malaria.

Selain buah jambu batu yang daging buahnya berwarna merah ada juga buah jambu batu yang isinya berwarna kuning, biasanya kedua buah jambu batu tersebut berukuran sedang dengan ukuran pohon yang besar, selain itu ada juga buah jambu batu yang pohonnya tinggi dengan diameter batang yang kecil buah nya kecil-kecil berwarna putih.

Disebut jambu batu karena mungkin buah ini teksturnya lumayan keras, kalau di lemparkan ke orang bisa sakit. Seperti melempar batu. Apalagi yang sedang hijau menuju masak, yang kulitnya mau berubah dari kasar menuju halus. Tapi kalau yang masak di pohon biasanya ada yang di makan kelelawar sehingga di ketahui menjadi salah satu buah kesukaan kelelawar.

Saat masak kulit luarnya baik yang isinya merah, kuning maupun putih ada yang berwarna kuning dan ada yang warnanya hijau muda.
Disebut juga dengan jambu biji karena biji nya banyak.

Ada juga jambu batu yang buahnya besar dengan kulit buah yang lebih tebal jika dibanding isian nya yang ada biji biji kecilnya yakni jambu kristal. Warna kulit buahnya putih dan isian yang ada bijinya juga berwarna putih.

Sekarang ada juga Jambu batu yang kristal yang tidak ada bijinya. Banyak yang menjualnya di pinggir jalan. Jual jambu batu kristal. Dengan harga yang lumayan. Ada yang menjualnya setelah dipotong-potong dengan bumbu tabur cabai giling, rasanya enak.

Seingat saya jambu batu kristal yang zaman dulu ukuran buahnya lebih besar dan pohonnya lebih pendek dari jambu batu pada umumnya dengan diameter batang yang besar. Kadang jika musim hujan di tutup dengan plastik untuk buah jambu batu yang sudah besar supaya tidak di makan kelelawar saat masak dan rasanya tidak asam dan buahnya semakin besar, dan yang enak tuh yang rangu sama seperti buah jambu batu lainnya yang hampir matang. Kalau yang matang enaknya di buat minuman jus.

Buah jambu batu memiliki wangi yang khas, pucuk jambu batu di percaya bisa mengatasi masalah pencernaan, misalnya terlalu banyak makan makanan yang berminyak sehingga menimbulkan mencret. Daun pucuknya di rendam air panas dan diminum airnya bisa juga dengan memakan buah jambu batu yang masih muda. pucuk jambu yang di seduh air warnanya jadi mirip jamu, baunya juga, barangkali karena itulah buah ini sering juga di sebut sebagai buah jamu batu.

Jari-jari daunnya sejajar dan agak kerap, memiliki serat serat yang kasar. Bunganya berwarna putih kecil-kecil sebesar pentil buah jambu yang akan tumbuh. dengan benang sari yang nampak jelas dan banyak.

Buah jambu batu yang masak di percaya juga dapat menyembuhkan penyakit malaria terutama yang warna merah. Jambu batu merah muda kadang dijadikan salah satu bahan rujak bebek.

Kebanyakan makan jambu batu dapat membuat anda sulit buang air besar. Buah jambu tumbuh dari biji jambu. Biji jambu berukuran kecil kecil dan ada di bagian tengah buah,  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan