Mohon tunggu...
Agustina Rahmawati
Agustina Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pribadi

Mahasiswa Unisri

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

MBKM Magang Kerja Mahasiswa Unisri Surakarta di PT Pan Rama Vista

18 Januari 2022   21:33 Diperbarui: 18 Januari 2022   21:35 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Magang kerja adalah proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, di dunia kerja secara langsung. 

Pemagang jadi bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya. Magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan.

Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri. Magang kerja tersebut biasanya dilakukan mahasiswa selama kurang lebih 2 bulan di instansi pemerintah maupun swasta. 

Agustina Rahmawati merupakan salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang sedang melaksanakan magang di PT. Pan Rama Vista. Kegiatan magang kerja dilakukan mulai 01 Novermber-30 Desember 2021 dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Adcharina Pratiwi, SE, M.Si. 

PT. Pan Rama Vista merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur dan ekspor pakaian wanita yang berdiri pada tahun 1984. Kegiatan magang ini dilakukan pada PT. Pan Rama Vista dengan persetujuan dan perijinan dari pihak terkait instansi tempat magang.

Kegiatan magang kerja pada PT. Pan Rama Vista dilaksanakan setiap hari senin-jum'at dengan jam kerja mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Pekerjaan yang dilakukan selama melaksanakan magang kerja di PT. Pan Rama Vista antara lain yaitu melakukan kegiatan cutting pada kain bahan produksi, belajar melakukan sewing menjahit kain yang tengah diproduksi, melakukan kegiatan finishing produksi dan juga membantu perekapan data pada saat proses pengiriman. 

Kegiatan magang kerja ini memberikan nilai positif pada diri saya, dimana saya dapat merasakan langsung bagaimana cara kerja didunia kerja yang nyata dan saya juga dapat menerapkan ilmu yang saya dapat selama menimba perkuliahan di UNISRI. 

Selain pengalaman yang saya dapat, banyak pengetahuan baru yang saya dapat selama magang di PT. Pan Rama Vista yang belum pernah saya dapatkan di bangku perkuliahan. 

Saya berterimakasih sekali kepada para pihak yang membantu saya dalam melaksanakan kegiatan magang kerja ini. Dan saya berterimaksih untuk semua pengalaman dan pengetahuan yang baru, yang diberikan kepada saya dari pihak PT. Pan Rama Vista. 

Suatu kehormatan saya dapat melaksanakan magang kerja di PT. Pan Rama Vista, hal ini merupakan sebuah penghargaan yang tak ternilai bagai saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun