Mohon tunggu...
agus siswanto
agus siswanto Mohon Tunggu... Guru - tak mungkin berlabuh jika dayung tak terkayuh.

Guru Sejarah yang mencoba untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Reuni Itu Berbuah Manis

24 Juni 2021   09:28 Diperbarui: 24 Juni 2021   10:12 109 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Reuni Itu Berbuah Manis
sumber: dok. AFP via tribunnews.com

Beberapa hari sebelum laga krusial antara Portugal versus Perancis, muncul tulisan tentang reuni yang salah tempat antara Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di tempat yang salah. Posisi kedua negara jelas sangat jauh berbeda pada klasemen grup F Euro 2020. Perancis relative sudah cukup aman, dengan 4 poin yang dikantonginya. Sedangkan Portugal, baru mengantongi 3 poin dari satu kemenangan dan satu kekalahan.

Posisi Portugal jelas belum aman. Untuk mengejar posisi 3 terbaik, mereka harus menengok hasil dari grup lain. Poin 3 yang mereka kantongi jelas poin yang sangat rawan untuk tergelincir di fase grup. Padahal mereka adalah juara Euro edisi sebelumnya, ditambah lagi dengan skuad yang menurut pengamat lebih bagus dibandingkan saat mereka menjadi kampiun Euro.

Reuni sendiri terjadi karena keduanya pernah menjadi punggawa Los Galacticos untuk beberapa musim. Keduanya pernah bahu-membahu membawa Los Galacticos pada berbagai pentas sepak bola di berbagai arena. Keduanya berpisah saat Cristiano Ronaldo memutuskan hijrah ke Juventus.

Sorotan media terhadap reuni ini tentu saja terkait dengan posisi kedua negara. Beban Karim Benzema relative lebih ringan dengan perolehan poin mereka. Sebaliknya posisi tidak mengenakkan ada di pundak Cristiano Ronaldo sang kapten Portugal. Target kemenangan atau setidaknya hasil seri menjadi satu-satunya pilihan. Kegagalan mencapai target berarti mereka harus angkat koper lebih awal kembali ke negaranya.

Namun kekhawatiran media tidak terbukti. Reuni tersebut ternyata berbuah manis. Hasil seri yang dicapai keduanya, mengantar Portugal dan Perancis ke babak berikutnya.  Bahkan keduanya saling berbagi dalam melesakkan gol ke gawang. Walhasil Perancis pun melenggang sebagai juara grup dengan capaian 5 poin, sedangkan Portugal melenggang dengan 4 poin yang mereka kemas.

Kesan persahabatan mereka pun ternyata tertangkap oleh kamera. Saat Karim Benzema melesakkan gol ke gawang Portugal, nampak Cristiano Ronaldo menyalaminya. Sebuah pemandangan yang barangkali unik. Seorang pemain menyalami lawan yang merobek gawangnya. Demikian pula saat mereka berdua meninggalkan lapangan pertandingan, nampak percakapan akrab terjadi antara keduanya.

Fase grup kini telah berakhir. Babak 16 besar telah tersaji di depan mereka. Keduanya tinggal menentukan nasib masing-masing. Portugal harus menghadapi Belgia pada tanggal 28 Juni 2021. Sedangkan tugas Perancis relative ringan, karena harus menghadapi Swiss pada tanggal 29 Juni 2021.

Lembah Tidar, 24 Juni 2021

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN