Mohon tunggu...
Agus Setiadi Sihombing
Agus Setiadi Sihombing Mohon Tunggu... Stay humble and being long-life learner!

Mewujudkan impian dengan menghadirkan mimpi bagi banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

5 Tips Ampuh Menulis Esai yang Potensial untuk Juara

30 Juni 2020   00:02 Diperbarui: 30 Juni 2020   21:06 493 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Ampuh Menulis Esai yang Potensial untuk Juara
ilustrasi pesiapan menulis esai. (sumber: unsplash.com/@dhudson_creative)

Hai, Kompasianer yang arif dan budiman sekalian! Sudah produktifkah kamu selama pandemi COVID-19 ini? Yuk jadikan stay home kamu sebagai jalur ninja untuk tetap produktif ya teman-teman. Asiyaappp!

Nah, agar tetap produktif di rumah, teman-teman bisa melakukan hal-hal bermanfaat yang sesuai kegemaran atau passion teman-teman. Salah satunya “menulis esai” yang akan menjadi topik pembahasan pada artikel kali ini. Untuk itu, sekarang coba cari posisi ternyaman teman-teman dan mulai simak dengan saksama, ya. Hehehe.

Kalo teman-teman sering berselancar di Instagram atau internet belakangan ini, teman-teman mungkin akan menemukan banyak postingan lomba esai berseliweran di akun satu dan akun lainnya.

Topik yang diperlombakan biasanya beragam, mulai dari topik ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, dan lainnya. Hadiah yang diperebutkanpun amat menggiurkan. Bisa menyentuh angka ratusan juta. Tak heran bila dompetmu sesungguhnya masih bisa terisi walaupun kamu stay home selama pandemi COVID-19 ini.

Namun pertanyaannya, apakah semua orang bisa menulis esai? Pun jikalau bisa, apakah esai yang teman-teman buat sudah memenuhi kriteria sebagai esai yang baik dan potensial untuk juara?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan coba menjawabnya dari perspektif berbagai pengalaman yang saya peroleh selama mengikuti event atau lomba menulis esai ditambah dengan beberapa referensi yang saya anggap konstruktif dan relevan. Namun bisa dikatakan bahwa sebagian besar isi dalam tulisan ini adalah hasil pengalaman pribadi saya sebagai essay enthusiast.

Tips-tips yang akan saya berikan di artikel ini mudah-mudahan bisa menjadi ‘tips ampuh’ buat teman-teman memahami esai lebih lanjut, mampu menulis esai dengan baik dan moga-moga mampu menjuarai lomba menulis esai nantinya. Ga perlu berlama-lama lagi, skuy simak penjelasan berikut ya teman-teman!

Sebelum kita mengulas tips menulis esainya, ada baiknya teman-teman pahami dulu apa itu esai, jenis esai dan bentuk esai. Ini penting banget sebagai dasar untuk teman-teman memahami hakikat esai.

Secara umum, esai merupakan sebuah karya tulis berbentuk prosa yang mengulas, membahas, mengkritisi maupun memecahkan suatu masalah (baik masalah sosial, budaya, ekonomi, politik, kesehatan dan sebagainya) dari sudut pandang pribadi penulisnya. 

Menurut Harvard College Writing Center (https://blog.ruangguru.com/belajar-menulis-esai-inilah-10-tipsnya), menulis sebuah esai berarti membuat sekumpulan ide yang saling terkait dan juga yang mudah dimengerti, untuk menjadi sebuah argumen (penjelasan).

Meskipun bersifat argumentatif, sebuah esai juga harus disertai bukti yang logis sehingga pembaca yakin dengan sudut pandang penulis terhadap masalah yang diangkat (https://www.tedieka.com/jurus-ampuh-menulis-esai/).

Menurut Tedieka.com (https://www.tedieka.com/jurus-ampuh-menulis-esai/), ada banyak jenis esai mulai dari esai beasiswa, ilmiah, argumentasi dan lain-lain. Namun, secara umum bentuk esai ada dua yaitu formal dan bebas. Bagian esai umumnya terdiri atas tiga bagian berupa pendahuluan, isi (tubuh esai), dan bagian akhir berupa kesimpulan (penutup).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN