Edukasi

Global Sevilla International School untuk Anak Indonesia

21 Desember 2011   05:51 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:57 3198 2 1

Seperti yang kita ketahui bahwa persaingan sumber daya manusia di dunia semakin hari semakin ketat, oleh karena itu Sevilla International School yang didirikan oleh Almarhum Nurcholish Madjid Ph.D, Sudhamek AWS dan Dr. Susan J. Natih tetap terus meningkatkan standar akademik dan administrative untuk bisa memberikan proses pengembangan pendidikan yang dapat bersaing di dunia.  Sevilla International School telah menjalin kerjasama kemitraan strategis dengan yayasan pendidikan yang telah memperoleh pengakuan dunia, Global School Foundation (GSF) yang berkantor pusat di Singapura. Dengan memahami nilai-nilai dan keunggulan dari masing-masing pihak, Sevilla International School selanjutnya akan dikenal dengan Global Sevilla International School.



Berbicara tentang rencana GSF di Indonesia, Atul Temurnikar, Ketua dan pendiri GSF mengatakan, “Indonesia adalah negara yang cepat berkembang, dan untuk mengimbangi pertumbuhan ini, tumbuh pula kebutuhan untuk menciptakan sumber daya manusia kelas dunia di masa depan. GEEM atau Global Education Excellence Mode yang kami miliki telah mendidik para pemimpin serta tokoh panutan global dan menjadi gagasan radikal di sektor pendidikan K-12. Pengalaman mengajar kami serta portofolio dari 5 kurikulum yang berbeda akan memberikan eksposur global dan kesempatan yang berharga untuk para siswa dan akan mendidik mereka menghadapi tantangan global. Prestasi akademik dan penghargaan yang kami terima adalah bukti dari komitmen kami terhadap keunggulan pendidikan.”





Sementara itu, Sudhamek AWS, pendiri Sevilla International School dan Central International School mengatakan, “Kolaborasi antara Sevilla International School dan Global School Foundation akan menciptakan sinergi yang kuat untuk memberikan pelayanan edukasi global. Kami percaya  teknologi pendidikan yang canggih dan jaringan sekolah yang luas yang dimiliki GSF akan meningkatkan kesempatan belajar siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat mereka sepenuhnya sehingga menjamin para siswa memiliki kemampuan untuk bersaing sacara global.”



GSF membawa pendekatan global dalam pendidikan internasional dengan fokus pada semua aspek pertumbuhan siswa melalui model Nine Gems untuk pengembangan yang holistik. GSF merupakan pionir dari model ini. Metodologi pendidikan Nine Gems adalah pendekatan terpadu dan holistik untuk belajar dan memberi keseimbangan antara akademik dan pengalaman, perkembangan mental dan fisik, seni rupa dan seni pertunjukan, keterampilan bahasa dan kreativitas, pengembangan kepribadian, serta etika dan kewirausahaan (entrepreneurship). Sistem yang telah dipatenkan ini akan membantu siswa GSIS berkembang secara multi-dimensi.

“Kami sangat percaya bahwa kolaborasi antara GSF dan Sevilla International School akan menciptakan transformasi sinergis yang signifikan dalam sistem pendidikan dan pembangunan di Indonesia. GSF memiliki pengalaman berharga dalam menerapkan sistem pendidikan internasional di banyak negara di seluruh dunia. Sementara, Sevilla International School memiliki pengalaman menyeimbangkan keunggulan akademik dan membangun karakter dalam pendidikan K-12 di Indonesia. Kami percaya bahwa Global Sevilla Internasional School akan mampu menciptakan siswa global dengan karakter yang dibutuhkan untuk generasi berikutnya, "kata Robertus Budi Setiono, Ketua Yayasan Budi Pekerti Luhur, yang mengelola Sevilla International School di Jakarta Timur dan Central International School di Jakarta Barat.





Deputi CEO GSF, Harish Doraiswamy menyimpulkan, "Tujuan GSIS adalah untuk memberikan sebuah pendidikan baru dan menarik kepada masyarakat khususnya keluarga di Jakarta dengan tujuan mempersiapkan generasi muda untuk menjadi warga negara global yang efektif dan sukses. Dengan memberikan pendidikan yang terbaik berdasarkan kurikulum abad ke-21, serta jaringan luas di Singapura, Malaysia, India, Jepang dan negara-negara lain, GSIS akan membantu generasi masa depan memperoleh keterampilan untuk memimpin dalam ekonomi global. Biarkan kami membantu Anda memberikan anak-anak Anda pendidikan yang mereka butuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan.”





*****



Tentang Global School Foundation (GSF)

Global School Foundation (GSF), saat ini telah memasuki usianya yang ke-sepuluh dalam bercita-cita untuk menjamin akses yang mudah terhadap kualitas dan pendidikan holistik di setiap negara di seluruh dunia. GSF adalah jaringan sekolah penerima penghargaan terkemuka di Asia dengan jangkauan global – meliputi dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga pendidikan Kelas 12. GSF datang ke Indonesia dengan membawa praktek akademik dan pendidikan berbasis teknologi paling inovatif negara-negara asing. Secara global, sekolah-sekolah yang dikelola GSF menawarkan 6 kurikulum terkenal di dunia, yaitu IGCSE Cambridge (Inggris),  International Baccalaureate IBO (Jenewa), Badan Pusat Pendidikan Menengah India (Central Board of Secondary School - CBSE), CBSE-Internasional dan Program Montessori Global Plus. Setelah memasuki tahun ke-10 beroperasi, Global School Foundation telah memberikan pendidikan kelas dunia dan telah menghasilkan petinggi dunia pada International Baccalaureate (IB) serta menempati peringkat ke-5 dunia di Badan Pusat Pendidikan Menengah India.  GSF juga adalah satu-satunya lembaga yang memiliki 20 sekolah di tujuh negara, mendidik siswa dari lebih dari 52 negara. GSF  juga memenangkan 13 penghargaan internasional dan nasional dalam keunggulan pendidikan dalam kurun waktu tiga tahun.



GSF adalah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan mengelola berbagai sekolah internasional terkemuka dan diakui di seluruh dunia sebagai yayasan yang memperjuangkan keunggulan dalam pendidikan melalui 20 sekolah yang ada di 7 negara di seluruh dunia seperti Singapura, Malaysia, Uni Emirat Arab, Vietnam, Jepang, India dan Thailand.  GSF akan membawa pengalaman terbaiknya dalam pendidikan sekolah untuk mendorong keunggulan pendidikan di Global Sevilla International School melalui Global Centre for Education Excellence GSF, yang selaras dengan Model Malcolm Baldrige for Excellence dari Amerika yang terkenal. Model ini juga diaplikasikan di sekolah-sekolah di Singapura. Yayasan GSF ini juga menaungi Global Indian International Schools (GIIS) yang berada di 20 kampus, serta Global School of Silicon Valley (GSSV) di Amerika serikat.



GSF juga menyediakan kurikulum futuristik untuk memberikan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 untuk menciptakan warga global yang percaya diri, kompeten, memberi kontribusi dan siap menghadapi tantangan masa depan. Caranya antara lain adalah dengan program pertukaran mahasiswa dan video conference untuk memfasilitasi siswa belajar dari yang terbaik dalam berbagai bidang serta penggunaan teknologi untuk memberdayakan generasi berikutnya belajar melalui metode belajar multi-faceted. Untuk siswa pra-sekolah (pre-school) GSF memberikan Programme Montessori terdepan, yaitu Global Montessori Plus Programme yang mengkombinasikan  metode Montessori terbaik dengan praktek-praktek pendidikan pra-sekolah terbaik pula. Semua metode dan kurikulum ini akan diimplementasikan dan diajarkan di sekolah Global Sevilla International School yang baru terbentuk.



Tentang Sevilla International School (SIS)


Sevilla International School didirikan sejak tahun 2002 oleh Sudhamek AWS, Nurcholish Madjid, Ph.D dan Dr. Susan Jane Natih dengan misi “Nurturing Global Students with Character” (Mengembangkan Murid berskala Global dengan Karakter). SIS adalah sekolah yang akan selalu mengembangkan pendidikan yang seimbang dari berbagai aspek; baik akademik dan karakter, fisik dan mental; dan pengembangan pribadi dan sosial.





Tentang Global Sevilla International School (GSIS)


Berlokasi di Jakarta Timur, GSIS menawarkan empat hal yang diyakini penting dalam membangun pengetahuan siswa, yaitu: kurikulum futuristik untuk kepemimpinan, program pertukaran pengetahuan internasional, praktik akademik yang multi-faceted serta keunggulan melalui praktek-praktek terbaik global. Keempat hal ini akan mendidik dan meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan siswa. Untuk mendukung kurikulumnya, GSIS juga menyediakan fasilitas sekolah yang lengkap, seperti smart boards, kolam renang, perpustakaan, laboratorium sains, laboratorium komputer, ruang musik, gym, lapangan badminton indoor, lapangan bola voli dan lapangan basket. GSIS juga menyediakan koneksi wireless di area publiknya untuk memaksimalkan area belajar untuk siswa.