Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Adira

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Prestasi Tiga Tim Asia yang Lolos 16 Besar Tumbangkan Tim Juara Piala Dunia Ukir Sejarah

5 Desember 2022   23:06 Diperbarui: 5 Desember 2022   23:13 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Piala Dunia 2022 masuk 16 besar di luar dugaan 3 wakil Asia masuk 16 besar yaitu Jepang, Australia dan Korea Selatan, 1 team diantaranya menjadi juara grup setelah di babak penyisihan menumbangkan tim besar Spanyol  untuk memastikan lolos ke babak 16 besar yang sebelumnya diragukan akan lolos 16 besar meskipun sebelumnya menumbangkan Jerman, begitu pula dengan 2 tim lainnya yang sempat terseok-seok untuk lolos 16 besar.

Korea Selatan

Ditahan imbang Uruguay dan sempat kalah oleh Ghana, Korea Selatan merupakan salah satu tim dari Asia yang diprediksi akan gugur di fase grup, tetapi apa yang terjadi Korea Selatan bisa membalikan keadaan, yang sebelumnya hanya bermodalkan poin 1 karena bermain imbang dengan Uruguay, diluar dugaan Korea Selatan bisa menumbangkan Portugal yang dihuni pemain bintang Cristiano Ronaldo dengan skor 2-1.

Meskipun sempat tertinggal dimenit ke-5  dibabak pertama Son Heung-min dan rekan-rekannya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-27 sampai akhir babak pertama kedudukan imbang. Gol yang sangat dramatis di Stadion Education City di menit tambahan babak ke-2 (90+1) yang memastikan lolos ke babak 16 besar meskipun berada di peringkat kedua Grup H dibawah Portugal dengan nilai 4.

Australia 

Meskipun sempat kalah telak oleh juara bertahan Prancis dengan skor 1-4, Australia, tetapi bisa menumbangkan 2 tim dengan mendapatkan poin penuh, yaitu mengalahkan Denmark dan Tunisia, dan Australia merupakan salah satu tim yang dijagokan akan lolos 16 besar, karena diatas kertas lawan yang paling sulit adalah Prancis.

Australia adalah salah satu tim dari 2 tim lainnya yang mewakili Asia yaitu Jepang dan Korea Selatan, untuk menempuh lolos 16 besar ditentukan oleh lawannya yang cukup berat, tetapi diluar dugaan bisa menumbangkan tim besar dengan mendapatkan poin penuh.

Jepang

Jepang di Piala Dunia 2022 merupakan penampilan terbaiknya, karena bisa menumbangkan 2 tim besar yang pernah mencicipi juara Piala Dunia dengan skor masing-masing 2-1, meskipun kalah dengan tim selevelnya Kosta Rica, kejutan ini membuat para pengamat sepakbola merupakan salah satu tim yang gemilang yang mewakili Asia, apalagi di partai hidup mati untuk lolos babak 16 besar harus berhadapan dengan Spanyol.

Lewat gol kontroversi pada menit ke-51 dicetak oleh Ao Tanaka dianggap sudah keluar garis yang menjadikan lolos ke babak 16 besar meskipun jadi perdebatan, sehingga menyingkirkan Jerman untuk lolos 16 besar walaupun menang telak atas Kosta Rica 4-2, meskipun terkait hal kontroversi tetap saja Jepang yang terbaik dipertandingan itu karena bisa membobol gawang Spanyol dan menjadi Juara grup dan hal ini merupakan diluar dugaan.

Foto : Kompas.com
Foto : Kompas.com
Tiga tim Asia lolos 16 besar di Piala Dunia 2022 merupakan sangat luar bisa, karena sebelumnya 2 tim wakil Asia Jepang dan Korea Selatan diprediksi tidak akan lolos karena untuk mentukan lolos babak 16 besar harus berhadapan dengan tim raksasa yang merupakan tim unggulan disetiap Piala Dunia dan tim yang pernah mencicipi juara Piala Dunia, hal ini meripakan prestasi yang sangat besar bukan?, meskipun tidak juara dunia tetapi sejarah akan mencatat perjuangan merekan untuk lolos 16 besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun