Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Adira

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Desa Wisata Alamendah Terpilih Menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara 2022

8 November 2022   16:33 Diperbarui: 8 November 2022   16:39 1525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Wisata Alamendah merupakan Desa Wisata yang terletak di Desa Alamendah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung yang terkenal  dengan agrowisatanya juga wisata alamnya dan religi. sehingga tempat tersebut terpilih menjadi desa wisata program Festival Kreatif Lokal (FKL) bersama Adira dalam Jelajahi 5 Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 di Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong ekonomi masyarakat. 

Foto : Youtube Kemenparekraf
Foto : Youtube Kemenparekraf
Kegiatan dilaksanakan di Desa Wisata Alamendah yang terletak di kecamatan Rancabali meskipun masyarakat luas lebih mengenal lokasi tersebut dengan kecamatan Ciwidey kabupaten Bandung. karena Ciwidey merupakan lokasi tujuan wisata yang berada di Bandung Selatan terdapat banyak tempat wisata berdiri, sehingga masyarakat sudah terbiasa menyebut lokasi di daerah tersebut Ciwidey. 

Udara yang segar karena alamnya yang asri juga tempatnya cukup strategis karena berada di jalan raya utama sehingga memudahkan dalam melaksanakan acara peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 yang dihadiri oleh komunitas motor juga masyarakat dan berbagai awak media, dan jarak tempuh dari kota Bandung kurang lebih 41 km dengan melewati kecamatan soreang Kab. Bandung. 

Foto : Dok. Amalda/Adira Finance 
Foto : Dok. Amalda/Adira Finance 

Festival Kreatif Lokal 2022 ( adira.id/e/fkl2022-blogger) di Desa Wisata Alamendah berjalan lancar dengan keterlibatan masyarakat Desa Alamendah adanya pasar rakyat sehingga pelaku ekonomi kreatif yang merupakan salah satu syarat berdirinya desa wisata terangkat dengan program ini, karena sangat berdampak positif untuk perkembangan ekonomi masyarakat desa secara langsung dengan keahliannya masing-masing selain sebagai wadah untuk menampung kreativitas masyarakat desa.

Desa Wisata Alamendah merupakan salah satu 18 Nominasi Desa Wisata terbaik Dewi Jawara Award 2022 program Disparbud Jabar kategori Ekonomi Kreatif menghadirkan berbagai macam kerajinan juga kuliner di lokasi tempat kegiatan dalam Festival Kreatif Lokal dalam peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 sangat cocok karena Desa Wisata Alamendah memiliki prestasi di tingkat provinsi maupun nasional melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI 2021).

Rangkaian acara dalam kegiatan yang dilaksanakan Adira Finance sangat membantu sekali untuk kemajuan khususnya masyarakat Desa Alamendah umumnya Indonesia. Karena dengan kegiatan tersebut otomatis masyarakat yang berada disekitar Desa Alam Endah termotivasi  meningkatkan kembali Desa Alamendah dengan adanya program tersebut yang layak diberikan kepada Desa Wisata Alamendah yang memiliki prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. 

Foto : Dok. Pribadi 
Foto : Dok. Pribadi 
Peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara 2022 yang dijatuhkan kepada Desa Wisata Alamendah langsung diresmikan oleh direktur Adira Finance merupakan terobosan baru bagi Desa Alamendah yang memiliki prestasi selain bidang ekonomi kreatif juga digitalisasi desa wisata, dan untuk kedepannya pengelola desa wisata akan tumbuh ide juga kreativitas baru tentang bagaimana Desa Wisata Alamendah menjadi tujuan wisata yang ramah berkendara.

Foto : Dok. Amalda/Adira Finance 
Foto : Dok. Amalda/Adira Finance 
Komunitas motor yang diundang oleh Adira Finance dalam rangka Peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara adalah contoh untuk kedepannya bagi komunitas lain dalam kegiatan komunitasnya untuk mencari lokasi tempat tujuan lokasi kegiatan agar lebih terorganisir sehingga mempermudah dalam mencari lokasi kegiatan acara komunitas yang tepat.

Dan ini sangat membantu bagi desa wisata yang terpilih sebagai ajang promosi desa wisata ramah berkendara menjadikan tujuan wisata sehingga akan berdampak besar bagi desa wisata dalam meningkatkan volume pengunjung yang berdampak besar pula untuk income desa wisata tersebut.

Foto : Dok. Pribadi 
Foto : Dok. Pribadi 
Alam, Agrowisata, Religi merupakan branding dari Desa Wisata Alamendah. tetapi sebetulnya seni dan budaya juga dimiliki oleh Desa Alamendah terbukti dalam acara kegiatan ditampilkannya  diatas panggung yang disaksikan oleh direktur Adira Finance dan jajaranya, komunitas motor, masyarakat desa yang terlibat dalam rangkaian acara juga elemen yang lainnya menyaksikan penampilan tersebut, dan acara ini sangat membantu sekali dalam peningkatan pengembangan desa wisata untuk penggalian potensi yang belum tergali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun