Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Adira

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Inilah Tiga Desa Wisata di Garut Menjadi Nominasi Desa Wisata di Jawa Barat

1 November 2022   23:53 Diperbarui: 2 November 2022   17:14 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Desa Wisata Saung Ciburial (Foto: Youtube Kemenparekraf)

Program Dewi Jawara Award 2022 mengantarkan tiga Desa Wisata di Garut menjadi nominasi 18 besar Desa Wisata Jawa Barat dengan masing-masing tiga kategori dipertandingkan dan tiga desa tersebut lolos dengan mengisi masing-masing kategori sehingga tiga Desa Wisata ini mewakil kabupaten Garut dengan tiga kategori yang dilombakan yaitu kategori Pengelolaan Desa Wisata, Ekonomi Kreatif, Digitalisasi.

Desa Wisata Sindangkasih

Desa Wisata Sindangkasih (Foto: Visit Garut)
Desa Wisata Sindangkasih (Foto: Visit Garut)
Desa wisata Sindangkasih merupakan Desa Wisata yang lolos dalam kategori Pengelolaan Desa Wisata beralamat di Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu memiliki alam yang asri menjadikan Desa Wisata tersebut benar-benar mengelola alamnya yang sejuk dan bebas polusi karena berada di kaki Gunung Cikurai, hal ini menjadikan nilai lebih bagi Desa Wisata Sindangkasih.

Pengelolaan Desa Wisata sangat cocok dijadikan nominasi karena Desa Wisata tersebut bisa mengelola alamnya, dengan memanfaatkan sungai yang mengalir dijadikan atraksi Wisata River Tubing yang merupakan branding dari Desa Wisata Sindangkasih dengan terbukti banyak para pengunjung dari luar kota untuk menikmati wahana tersebut.

Desa Wisata Situ Cangkuang

Desa Wisata Situ Cangkuang (Dok. Pribadi)
Desa Wisata Situ Cangkuang (Dok. Pribadi)
Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan Desa Wisata yang lolos dalam kategori Ekonomi Kreatif. Desa Wisata Situ Cangkuang berlokasi di samping Cagar Budaya Candi Cangkuang yang beralamat di Kp. Lolohan Rt 002/Rw 013 Desa Cangkuang, Kecamatan Leles tidak jauh dari jalan Raya Garut-Bandung juga Stasiun Kereta Api Leles dan Karangsari.

Selain memiliki branding Situ Cangkuang (Danau) dan Taman Desa Wisata, Desa Wisata Situ Cangkuang memiliki Ekonomi Kreatif yang patut diperhitungkan di Jawa Barat deengan berbagai jenis makanannya yang cukup dikenal yaitu Burayot, juga makanan lainnya seperti Gogodoh (Opak) juga Nasi Cacalo yang bahan baku utamanya udang (Larong) yang diambil di Situ Cangkuang.

Kerajinan tangan menjadikan Desa Wisata Situ Cangkuang sangat pantas menjadi nominasi contohnya berbagai miniatur yang terbuat dari kayu seperti miniatur Candi Cangkuang, Rakit, dll juga kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa juga bambu hitam, dan kesemuanya itu pernah diberi apresiasi oleh Menparekraf Sandiaga Uno ketika kunjungan kerjanya ke Desa Wisata Situ Cangkuang.

Desa Wisata Saung Ciburial

Desa Wisata Saung Ciburial (Foto: hariangarutnews.com)
Desa Wisata Saung Ciburial (Foto: hariangarutnews.com)
Desa Wisata Saung Ciburial merupakan pelopor Desa Wisata yang berada di Garut juga salah satu Desa Wisata pemenang Adwi 2021, sampai sekarang Desa Wisata tersebut masih menjadi Desa Wisata Terbaik di Garut.

Desa Wisata Saung Ciburial merupakan Desa Wisata yang lolos dalam kategori Digitalisasi Desa Wisata yang beralamat di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang memiliki pemandangan alam yang indah, tetapi yang paling menonjol tentang edukasi ternak Domba Garut juga Ketangkasannya yang merupakan sebuah tradisi yang cukup dikenal di kabupaten Garut sejak zaman dulu.

Karena kemajuannya Desa Wisata Saung Ciburial memiliki income yang luar biasa, sehingga menjadikan desa maju, sehingga tak heran untuk Digitalisasi Desa Wisata sudah tidak diragukan lagi segala sesuatunya mulai serba digital untuk mengikuti zaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun