Mohon tunggu...
Agus Ahmad Fathullah
Agus Ahmad Fathullah Mohon Tunggu... Desain illustrator n IT Support

Desain ilustrator n IT Support di sebuah perusahaan swasta dan blogger pemula

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ubah Dokumen PDF ke Microsoft Word Sulit dari Smartphone?

24 Juli 2020   20:32 Diperbarui: 24 Juli 2020   22:48 52 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ubah Dokumen PDF ke Microsoft Word Sulit dari Smartphone?
https://play.google.com

Portable Document Format atau yang kita kenal dengan Pdf, sebuah format dokumen yang sudah sangat familiar. Terdiri dari kombinasi teks, grafik vektor hingga gradasi warna. Bisa berupa dalam bentuk memo, surat penawaran, hingga laporan bulanan yang jumlahnya bisa puluhan lembarnya. Dengan ukurannya yang relatif cukup kecil tentu saja sangat memudahkan kita untuk menerima atau mengirimkan dokumen tersebut melalui email atau sekedar dibagi melalui pesan WhatsApp.

Permasalahan baru akan muncul ketika terjadi beberapa kesalahan pengetikan nama ataupun tanggal pada dokumen yang sudah ditandatangani oleh atasan kita yang sudah tidak bisa diedit lagi. Namun semua harus segera direvisi dan perlu dikirimkan saat itu juga. Bagaimana kalau saat itu kita sedang tidak membawa laptop dan berada jauh dari printer ataupun scanner. Yang ada hanyalah smartphone yang kita genggam. Apa yang terjadi? Kita tentu panik dan bisa pusing tujuh keliling dibuatnya.

Di dalam smartphone berbasis Android yang selama ini kita gunakan di antaranya sudah terinstal aplikasi Microsoft Office dan untuk yang belum memiliki bisa mengunduhnya di Google PlayStore dengan besaran filenya yang mencapai 93 mb. 

Tidak hanya sekedar membuka ataupun mengedit dokumen berformat Word, Excel, PowerPoint ataupun Pdf, ternyata aplikasi ini ternyata juga mengubah atau mengkonversi dari format Pdf ke format Word dan sebaliknya. Salah satu fungsi lain dari aplikasi ini yang jarang digunakan atau bahkan tidak diketahui pengguna smartphone pada umumnya.

Proses Konversi Dokumen Format Pdf ke Microsoft Word.

Proses konversi ini bisa dilakukan dengan cukup mudah dan hanya memakan waktu 1-2 menit dan itu tergantung dengan kecepatan smartphone yang kita miliki. Semua itu bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut di bawah ini :

  1. Pilih menu Actions kemudian pilih menu PDF to WORD.
  2. Muncul menu Choose files kemudian pilih This Device
  3. Cari Folder tempat penyimpanan file format Pdf yang anda simpan, bisa di Documents, Download ataupun Storage.
  4. Setelah didapat segera pilih dokumen yang anda ingin ubah formatnya dan proses konversi akan mulai berjalan. Tunggu beberapa saat hingga file format bereksistensi Word akan terbuka dengan sendirinya dan selesai.

Proses Konversi Dokumen Pdf ke Microsoft Word | Dok. Pribadi
Proses Konversi Dokumen Pdf ke Microsoft Word | Dok. Pribadi
Proses Konversi Dokumen Microsoft Word ke Pdf.
  1. Proses konversi kali ini juga tidak jauh beda dengan langkah-langkah tersebut di atas. Mudah, cepat bisa dilakukan bahkan oleh newbie sekalipun. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  2. Pertama pilih menu titik tiga atau recent file yang pernah anda buka, yang muncul di menu Home.
  3. Pilih Share as PDF dan tunggu proses konversi hingga selesai.
  4. Kemudian muncul menu pilihan baru yang mengarahkan kita untuk membaginya melalui email, WhatsApp atau langsung disimpan pada media penyimpanan smartphone kita.
  5. Pilih media penyimpanan kita (internal shared storage), buka kemudian pilih tempel (paste) dan selesai. Cukup mudah bukan?

Proses Konversi Dokumen Microsoft Word ke Pdf | Dok. Pribadi
Proses Konversi Dokumen Microsoft Word ke Pdf | Dok. Pribadi
Namun perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan hasil dari penggunaan aplikasi ini juga tergantung dengan tingkat kerumitan  dokumen Pdf yang akan kita edit. Ukuran kertas, jenis, format huruf hingga spasi bisa saja berubah dan menjadi agak sedikit berantakan susunannya namun masih bisa diperbaiki seperti biasa kita mengedit melalui laptop atau komputer kita. Dalam keadaan darurat penggunaan aplikasi Microsoft Word Mobile pada smartphone ini tentulah sangat berguna dan bisa menjadi penyelamat kita di tengah keterbatasan tempat dan waktu yang ada. Setelah sampai di sini ada yang berani mencobanya?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x