Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tuah 'Baunya' Stadion Bung Tomo dan Gemuruh Penonton Bawa Timnas Garuda Bungkam Vietnam?

18 September 2022   16:57 Diperbarui: 18 September 2022   17:17 189 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Selangkah lagi, Timnas Harus Kandaskan Vietnam.sumber:www.sports.sindonews.com

Tak dapat dipungkiri pemain ke-12 akan sangat berpengaruh dalam suatu pertandingan sepakbola. 

Unsur penonton dan bahkan kisah mistik akan mampu mempengaruhi mentalitas para pemain lawan saat akan memasuki stadion hingga tidak pede dan ciut nyali untuk menghadapi tim tuan rumah.

Belum lagi kisah pemain ke-12 alias riuhnya seisi stadion dengan nyanyian, yel-yel hingga intimidasi para penonton, bisa saja sorak-sorai, bahkan sinar laser dapat membuat tim tamu keteteran hingga terpecah konsentrasi, kelelahan, koordinasi permainan yang hancur mengakibatkan kekalahan.

Entah kebetulan atau memang sudah ditakdirkan bahwa Timnas Garuda Muda Indonesia U19 akan merayakan pesta lolosnya mereka ke final Piala Asia U20 tahun 2023 tahun depan di Uzbekistan dari Stadion keramat Gelora Bung Tomo Surabaya?

Entahlah, yang pasti stadion Gelora Bung Tomo alias GBT yang berada disekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, sejauh ini -- dalam dua pertandingan awal pertandingan penyisihan Grup F Piala Asia U19 -- telah membuahkan hasil yang sangat baik bagi perjalanan timnas Garuda Muda.

Ya, diawali dengan kemenangan manis atas Timor Leste, Garuda Muda semakin terbang tinggi usai melumat Hongkong U19 dengan skor lebih meyakinkan lagi, 5-1 untuk meraih posisi pertama di klasemen sementara Grup F.

Di pertandingan terakhir, pertandingan penentuan siapa juara grup melawan Vietnam U19 yang merupakan lawan sepadan Timnas Garuda Muda, akan dilangsungkan distadion kebanggaan Arek-Arek Suroboyo yang sampai saat ini dengan 'bau' khasnya, 'bau sampah ala TPA Benowo' yang justru membawa tuah dan venue tepat bagi perjalanan timnas Garuda Muda dengan kemenangan-kemenangan beruntunnya.

Akankah Stadion Gelora Bung Tomo kembali bertuah bagi punggawa Timnas Garuda Muda arahan pelatih kawakan, Shin Tae-yong dan menjadi saksi gemuruh akan sorak sorai, tangis kebahagiaan usai puasa 16 tahun tak ikut ambil bagian di Piala Asia?

Akankah kegembiraan itu tumpah ruah di stadion yang memberikan ciri khas dengan bau tak sedapnya itu untuk kemenangan Timnas U19?

Adalah memang menjadi cerita menarik kala Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, sementara masih banyak stadion-stadion berkelas yang lebih cocok untuk menggelar pertandingan internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan