Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

BBM Naik, Harusnya Prestasi Timnas Indonesia U19 Lolos ke Piala Asia 2023

14 September 2022   10:07 Diperbarui: 14 September 2022   10:14 132 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Indonesia U-19 memulai langkah di Grup F Menuju Piala Asia 2023. sumber gambar: bola.okezone.com

Gegara BBM bersubsidi naik, semua pada heboh. Bagaimana tidak? Dari rakyat jelata hingga pejabat mengeluh dengan situasi dan kondisi ini. Demo berhari-hari masih terjadi hingga saat ini, mulai dari Timur hingga ke Barat. Teranyar, Gubernur Sumatera Utara yang juga mantan Ketua Umum PSSI ke-16 dan bertugas di periode 2016 sampai 2019 harus menemui ratusan pendemo pengemudi ojek online alias ojol di depan kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Selasa (13/9/2022).

Mantan Pangkostrad ini naik ke atas mobil komando dan memastikan akan menyampaikan aspirasi para ojol dengan tuntutan agar harga BBM normal kembali dan merevisi penyesuaian tarif baru Zona I Pulau Sumatera, serta beberapa tuntutan dari para ojol yang datang ke kantor gubernur bukan dalam urusan politik, namun murni dari keadaan usai harga BBM bersubsidi dinaikkan.

Nah, naiknya Mantan Pangkostrad sekaligus mantan Ketua PSSI ke-16 ini ke mobil komando, semoga menjadi titik balik juga dengan terwujudnya harapan para fans sepakbola nasional dan mungkin seluruh rakyat Indonesia agar prestasi PSSI, terutama Tim Nasional-nya U19 yang sekarang sedang menatap pertandingan-pertandingan penting untuk memastikan satu tiket lolos ke Piala Asia U19 2023 yang akan diselenggarakan di Uzbekistan.

Meski berstatus sebagai tuan rumah dan otomatis lolos langsung, Uzbekistan memilih untuk mengikuti babak kualifikasi, sehingga andaikan Uzbekistan menjadi juara grup atau salah satu runner-up terbaik, maka jatahnya akan diberikan langsung kepada tim berperingkat terbaik.

Memang usai di rebranding alias mendapatkan perubahan format, dimana salah satunya penghapusan prinsip zonasi dalam kompetisi U19 tersebut, sehingga dari 47 asosiasi anggota AFC, total ada 44 tim untuk mengikuti babak kualifikasi dan dibagi menjadi 10 grup dengan rincian 4 grup terdiri dari lima tim dan 6 grup lainnya terdiri dari 4 tim dan Timnas Indonesia berada di Grup F.

Ya, performa Timnas Indonesia yang apik usai kandaskan Taiwan di babak play-off membawa Indonesia menempati plot pertama di Grup F dan berhak menjadi tuan rumah atas semua pertandingan penyisihan grup F.

Hari ini, tanggal 14 September 2022, Timnas U19 akan memulai perjuangannya untuk meraih tiket ke Piala Asia U19 yang akan dihelat di Uzbekistan dan akan menjadi sejarah kebangkitan sepakbola nasional di kancah dunia internasional usai terpuruk selama ini dan dianggap sebagai 'macan ompong' Asia.

Ya, Indonesia membutuhkan dukungan dan doa seluruh rakyat Indonesia agar perjuangan meraih tiket ke Piala Asia U19 berlangsung sesuai prediksi, mulus, tak tergelincir dan sesuai harapan, dimana lolos otomatis menjadi juara Grup F dengan mengalahkan Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste yang satu grup dengan Indonesia.

Diawali hari ini, pukul 16.00 Indonesia Barat, Timnas U19 akan memulai langkah menggapai Piala Asia-nya dengan menjamu Timnas Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo dan seluruh pendukung tanah air pastinya akan mendoakan dan bersorak-sorai demi kemenangan perdana untuk memuluskan langkah menggapai prestasi lebih tinggi.

Diatas kertas, timnas kita tak akan mengalami kesulitan, mengingat Timor Leste selama ini dianggap tim penghibur dalam setiap kompetisi seperti Piala AFF dan secara peringkat yang dirilis FIFA per Desember 2021, timnas Timor Leste jauh dibawah Timnas Indonesia, berada di urutan 196.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan