Agus Oloan
Agus Oloan Penulis Lepas di Kompasiana

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Alibi Cedera Neymar, Modal Kekuatan CR7 Tundukkan PSG

6 Maret 2018   18:43 Diperbarui: 6 Maret 2018   18:45 821 1 0
Alibi Cedera Neymar, Modal Kekuatan CR7 Tundukkan PSG
Neymar Jr Cedera, Figur Sang Penentu Singkirkan Real Jadi Tidak Terbukti. sumber gambar: www.culturepsg.com

Ketika undian Liga Champions babak 16 mempertemukan PSG kontra Real Madrid, itu bisa menjadi 'takdir' yang harus diterima oleh Unay Emery maupun Zizou sendiri. Berstatus Juara Grup, ternyata undian ini mengharuskan mereka bertemu dengan klub terbaik dari Spanyol, Real Madrid, sang juara bertahan yang terdampar di runner-up. Ibarat mimpi, Unay Emery disodorkan peluang berbuka untuk membuktikan bahwa PSG sudah selayaknya maju sebagai salah satu klub terbaik di dunia keluar dari bayang-bayang Barcelona dan Real Madrid itu sendiri.

Setelah disingkirkan secara menyakitkan di babak yang sama Liga Champions musim lalu, PSG tentunya ingin membuktikan bahwa dengan skuad sekarang, PSG nyatanya harus mampu melenggang ke babak final dan kandidat juara Liga Champions sebagai penahbisan jadi klub terbaik di dunia dari segi prestasi, bukan dari segi finansial tentunya.    

Namun, apa daya? Boro-boro, belum apa-apa undian telah mempertemukan PSG kontra Real Madrid, tentunya menjadi bahan tontonan yang paling menarik disamping pertemuan antara Barcelona kontra Chelsea yang tidak kalah serunya, karena sarat dengan tensi tinggi dan sejarah pertemuan.

PSG yang telah diperkuat Neymar Jr, dibajak dari Barcelona dengan harga selangit 222 juta euro yang menjadikannya pemain termahal di dunia menandingi Paul Pogba yang dibajak dari Juventus oleh Red Devils, membuat kekuatan PSG sangat begitu komplit dan dianggap mematikan karena telah melengkapi skuad Unay yang telah bermaterikan Edison Cavani, Angel Di Maria, young star Kylian Mbappe, hingga Dani Alves yang turut hijrah dari Barcelona karena tidak kerasan.

Neymar Jr, sangat begitu menikmati pertandingan demi pertandingan musim pertamanya bersama PSG. Keleluasaan penguasaan lapangan yang diberikan Unay membuat Neymar Jr bisa sukses mengeksplorasi kemampuannya hingga memecahkan rekor gol dan penampilan. Neymar Jr bisa keluar dari bayang-bayang Leonel Messi selama di Barca. Saking perkasanya Neymar Jr di PSG, maka dialah dianggap yang paling bisa membawa PSG menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Pengalaman bermain selama di Barca kontra Real Madrid yang juga meng-ikon-kan seorang Ronaldo, Neymar Jr telah bertemu Cristiano Ronaldo sebanyak 7 kali pertandingan dengan persentase, Neymar Jr selama berbaju Barca telah membawa 4 kali kemenangan, 1 kali imbang, 3 gol dan 4 assist.

Sementara, CR7 selama  bertemu Neymar Jr, hanya menang sebanyak 2 kali pertandingan, 4 gol dan 1 assist yang menjadikan Ronaldo sedikit unggul dalam menciptakan gol.

Cedera Neymar Jr Buyarkan Mimpi PSG Lolos

Sehingga wajar jika seluruh pecinta sepakbola di dunia sangat mengidam-idamkan pertemuan kedua ikon sepakbola dunia sekarang yang bermain di klub-klub terbaik dunia. Ronaldo dengan segala rekor yang telah dibuatnya baik di La Liga maupun Liga Champions, terakhir Ronaldo telah mencetak 11 gol di Liga Champions, telah mencetak 115 gol dari 152 penampilan di kompetisi eropa.

Ronaldo sedang on fire, di La Liga terakhir kali mencetak brace gol kala Real Madrid menghempaskan Getafe dengan skor 3-1. Sebelumnya di Leg Pertama pertemuan Liga Champions dua minggu lalu, Ronaldo telah mencetak sepasang gol untuk mengkandaskan perlawanan PSG dengan skor 3-1 di Stadion kebanggaan mereka, Santiago Bernebeu.

Gol di menit '45 lewat eksekusi penalti dan gol menit '83 menjadikan beban berat ada di pundak Unay dan pasukannya. PSG harus mampu minimal mencetak dua gol tanpa kebobolan agar bisa menyingkirkan Real Madrid di stadion kebanggaan kota Paris, Parc des Princes. 

Keyakinan itu seharusnya menyala bak api yang berkobar-kobar karena PSG memiliki keunggulan mampu menyarangkan satu gol ke gawang Keylor Navas di menit '33 lewat Adrien Rabiot. Artinya tabungan satu gol ini saharusnya bisa meloloskan PSG andaikan bisa memasukkan dua gol tanpa harus kebobolan dan itu bisa terwujud lewat peran Neymar Jr berkolaborasi dengan pemain-pemain bintang lainnya di kandang sendiri.

Namun, untung tidak dapat diraih, malang tidak dapat ditolak, ibarat pepatah tersebut menghantui skuad PSG sekarang menghadapi leg 2 babak 16 besar Liga Champions musim ini. betapa tidak? Neymar yang digadang-gadang bisa mewujudkan mimpi PSG menyingkirkan secara dramatis Real Madrid, sebagaimana yang pernah dibuat Barca di Nou Camp terhadap skuadnya musim lalu, dimana di leg 2, Barca mampu menggelontorkan 6 gol sehingga PSG tersingkir secara menyakitkan? Bakalan tidak bisa di balaskan ke sesama klub Spanyol tersebut.

Apa pasal? Neymar Jr mengalami cedera parah kala PSG kontra Marseille (Minggu, 26/2/2018). Walau menang besar, PSG harus menerima kenyataan pahit ketika Neymar Jr tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera di bagian engkel. Pergerakan taktisnya kala mengecoh lawan harus dibayar mahal, sehingga bagian kaki kananya mengalami retak di bagian tulang metatarsal, dipastikan absen minimal selama dua bulan.

Ini jelas menjadi kerugian besar mengingat beban yang harus disematkan di kaki dan kepalanya untuk bisa menciptakan gol krusial kontra Real Madrid dan menjadi penghalang Ronaldo mencetak gol menciptakan rekor-rekor, terutama mempertahankan tropi Liga Champions yang menjadi satu-satunya gelar yang mungkin di raih Real Madrid di musim ini setelah di La Liga tertinggal jauh dari Barcelona dan gagal di Piala Raja Spanyol.

Badai cedera yang dialami Neymar Jr ini menjadi cambuk bagi para pemain Real Madrid tentunya bagi Ronaldo untuk bermain bak kesetanan untuk menjebol gawang Alphonse Areola, atau minimal menahan gempuran-gempuran skuad PSG yang akan kelihatan 'ompong' tanpa kehadiran Neymar Jr.

Sementara bagi PSG, ini akan menjadi beban berat, sulit menjadikan kehilangan sang super star menjadi pemicu, karena itu tadi, asa telah digantungkan kepada Neymar jadi penentu, seperti yang dia pertontonkan kala menyingkirkan PSG musim lalu dengan dua gol cantik dan satu arsitek gol bagi pemain lainnya.

Jadi siapakah yang akan melaju dan tersingkir? Akh, yang pasti PSG akan sangat dirugikan dengan absennya Neymar dan Real akan mendapat keuntungan berlipat dengan absennya Neymar dan sedang on fire-nya seorang CR7. Mari kita saksikan Rabu, 07 Maret 2017 dini hari nanti.

Susunan Pemain :

Paris Saint-Germain: Alphonse Areola; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Layvin Kurzawa;Marco Verratti, Thiago Motta/Diarra, Adrien Rabiot; Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Angel Di Maria

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2